Mengapa Otot pada Bilik Jantung Lebih Tebal daripada Serambi

Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu organ tubuh paling penting adalah jantung. darah.

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai alasan otot jantung pada bilik lebih tebal dibandingkan pada serambi.

Alasan Otot pada Bilik Jantung Lebih Tebal daripada Serambi

1. Jantung mempunyai empat bagian ruang

Di atas jantung terdapat dua ruang yang disebut dengan atrium dan di bawah jantung terdapat dua ruang yang disebut dengan ventrikel. Atrium memiliki fungsi dalam menerima darah dan ventrikel berfungsi dalam memompa darah. Terdapat otot tebal yang berada di tengah jantung dimana fungsinya adalah sebagai pemisah sisi kanan dan kiri yang disebut dengan septum.

2. Tugas otot bilik jantung dan otot serambi jantung berbeda

Dalam memompa darah, atrium atau serambi jantung memiliki tugas dalam menerima darah. Sementara itu, ventrikel atau bilik jantung bertugas dalam menerima darah yang didapatkan dari atrium serta memompa darah. Aktivitas memompa darah membutuhkan otot yang berukuran lebih besar dan mempunyai banyak energi terutama pada ventrikel bagian kiri.

3. Otot ventrikel (serambi jantung) mempengaruhi darah yang dipompa ke seluruh tubuh

Ventrikel atau serambi jantung tepatnya ventrikel kiri bertugas dalam memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Otot ventrikel berpengaruh besar terhadap darah yang dipompa menuju seluruh tubuh. Otot ventrikel yang tipis atau tidak kuat akan menyebabkan darah tidak dapat terpompa ke seluruh tubuh sepenuhnya.

4. Jantung mempunyai delapan bagian dengan fungsi yang berbeda satu sama lain

Ada delapan bagian pada jantung antara lain pembuluh darah vena dan arteri, katup trikuspud, katup bikuspid, ventrikel kiri dan kanan, serta atrium kiri dan kanan. Setiap bagian pada jantung memiliki fungsi masing-masing.

5. Fungsi bilik jantung lebih berat daripada fungsi serambi jantung

Bilik jantung memiliki fungsi yang lebih berat dibandingkan dengan fungsi serambi jantung. Fungsi bilik jantung adalah untuk memompa darah yang keluar dari organ jantung. Bilik jantung membutuhkan tekanan besar dan perlu didukung dengan tekstur otot lebih tebal dibandingkan otot pada serambi jantung.

6. Sekat jantung membatasi bagian serambi jantung

Serambi jantung di bagian kanan dan bagian kiri dibatasi dengan sekat jantung. Sekat tersebut memiliki fungsi dalam mencegah katup kanan sebagai tempat bercampurnya darah. Hal ini dikarenakan katup kanan terkandung karbondioksida dan oksigen. Sehingga otot yang menyusun bilik jantung mempunyai tekstur yang lebih tebal dibandingkan dengan otot serambi jantung.

7. Jantung berperan besar dalam tubuh manusia

Organ tubuh ini mempunyai beberapa bagian dimana otot pada biliknya lebih tebal dibandingkan dengan bagian serambi. Hal ini dikarenakan jantung yang berfungsi secara normal akan memudahkan dalam memompa dan menerima darah menuju seluruh tubuh.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close