Mengapa Orang yang Berilmu Harus Pula Beriman

Ilmu pengetahuan merupakan sebuah hal wajib yang harus diperoleh oleh seseorang. Hal ini bertujuan untuk memberikan orang tersebut pengetahuan agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau minimal bisa berbaur dengan masyarakat.

Namun ilmu pengetahuan saja tidak cukup karena dibutuhkan juga iman kepada Tuhan yang Maha Esa, kenapa bisa demikian? Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Kenapa Seseorang yang Berilmu Wajib Pula Beriman

1. Agar Bisa Diterima di Masyarakat

Tidak bisa dipungkiri jika Indonesia merupakan negara beriman dengan total ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Untuk menemukan seseorang yang tidak memiliki agama di Indonesia pasti akan sangat susah, maka dari itu selain diwajibkan mendapatkan ilmu pengetahuan seseorang juga diwajibkan memiliki agama atau beriman agar tetap bisa diterima oleh masyarakat setempat.

2. Dapat Mengatur Kelakuan Seseorang

Alasan selanjutnya kenapa seseorang wajib beriman meskipun sudah memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi adalah agar dapat mengatur kelakuan dari orang tersebut. Apapun agama yang dipeluk seseorang pasti mengajarkan agar orang tersebut selalu dijalan yang benar, hal ini membuat setiap orang beriman pasti selalu menjaga kelakuannya agar tetap di jalan yang benar atau sesuai dengan ajaran agama.

3. Memiliki Ketakutan Akan Sesuatu yang Dilarang

Setiap agama pasti memiliki larangan dan bagi siapa saja yang melanggar larangan tersebut akan diberikan sanksi berupa dosa. Dosa ini dapat membuat orang tersebut masuk ke neraka (tempat penyiksaan) ketika meninggal dunia. Hal tersebut membuat banyak orang takut untuk melakukan kesalahan karena tidak mau masuk neraka.

4. Agar Tidak Menentang Hukum Alam

Anda pasti pernah mendengar beberapa nama orang jenius atau ilmuan dimana rata-rata mereka memiliki iq diatas normal. Hal tersebut bahkan kadang membuat mereka suka menentang hukum alam yang sebenarnya tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat manusia. Maka dari itu tujuan dari seseorang yang berilmu wajib beriman adalah untuk mencegah kejadian menentang alam ini tidak terjadi.

5. Agar Apa yang Dikerjakan Bisa Menghasilkan Pahala atau Berkat

Alasan berikutnya supaya apa yang dikerjakan oleh orang yang berilmu pengetahuan tersebut bisa menghasilkan pahala atau berkat. Dengan menghasilkan pahala atau berkat dapat membuat orang tersebut mendapatkan keuntungan baik di bumi maupun di akhirat.

6. Agar Menjaga Sisi Kemanusiaan Seseorang

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik begitu juga dengan ilmu pengetahuan. Maka dari itu untuk menjaga agar ilmu pengetahuan dan kehidupan seseorang bisa berjalan searah dibutuhkan iman kepada Tuhan yang Maha Esa agar pikiran, perbuatan, dan ucapan seseorang dapat mencerminkan seorang manusia normal.

7. Agar Menghasilkan Sesuatu yang Berguna Bagi Sesama

Alasan terakhir kenapa orang yang berilmu pengetahuan wajib beriman supaya apa yang orang tersebut hasilkan bisa berguna bagi sesama. Hal ini karena dalam agama pasti diajarkan untuk melakukan sesuatu yang ada manfaatnya bagi sesama, alhasil orang tersebut akan lebih mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close