Mengapa Olahraga Renang Digemari Oleh Anak-anak

Renang menjadi salah satu macam olahraga yang banyak disenangi oleh anak-anak. Untuk Anda yang telah memiliki anak, maka ada baiknya untuk membiasakan anak melakukan olahraga renang sejak usianya dini.

Selain menyenangkan, olahraga renang memiliki segudang manfaat yang bisa didapatkan, apalagi untuk anak. Berikut ini terdapat beberapa alasan bahwa olahraga renang disukai oleh anak-anak.

Alasan Olahraga Renang Digemari Oleh Anak-anak

1. Anak-anak Suka Bermain Air

Olahraga renang ini menjadi favorit dikarenakan pada umumnya anak-anak dapat bermain air sekaligus. Bagi anak-anak, bermain dengan air merupakan kegiatan yang sangat seru dan menggembirakan. Mereka bisa berenang sekaligus bermain ciprat-cipratan air dengan temannya.

2. Suasana Hati (Mood) Menjadi Meningkat

Alasan yang terakhir mengapa anak-anak menyukai olahraga renang yaitu karena dapat meningkatkan suasana hati atau mood. Saat anak melakukan olahraga renang, maka tubuhnya akan melepaskan hormon endorfin. Nah, hormon yang satu ini akan meningkatkan mood atau suasana hati sang anak.

3. Bisa Bermain Wahana Air

Kolam renang khusus anak-anak biasanya juga menyediakan wahana air yang cukup menarik. Wahana air yang sering tersedia yaitu perosotan. Wahana air tersebut juga menjadi taman rekreasi yang tentu saja menyenangkan. Kini, telah banyak orang tua yang sengaja memanfaatkan wahana air itu untuk membujuk anaknya supaya mau belajar berenang.

4. Low Impact

Tidak seperti olahraga lari yang harus menghentakkan persendian, renang hanya melibatkan berbagai gerakan yang lebih halus walaupun tidak kalah bertenaga. Sehingga, risiko mengalami cedera serius seperti patah tulang dan keseleo pun minum sekali ketika berenang. Tentu saja ini cocok sekali untuk anak-anak atau orang-orang lanjut usia yang mempunyai masalah dengan persendian dan tulang.

5. Tidak Mudah Merasa Capek

Setiap kali anak melakukan olahraga renang, maka mereka tidak gampang merasakan kelelahan. Hal itu mungkin saja dikarenakan anak-anak tidak mengeluarkan keringat saat melakukan olahraga renang. Selain itu, rasa senang anak-anak bisa bermain air pun bisa menjadi penyebab mengapa mereka lupa bahwa tubuh sudah lelah.

6. Merasa Dirinya Bebas

Ketika melakukan olahraga renang, maka anak-anak merasa bahwa dirinya bebas. Mereka dapat bermain air sepuasnya sambil berinteraksi dengan anak yang lainnya. Apalagi, jika olahraga ini dilakukan di alam bebas, seperti pantai. Namun, jika dilakukan di alam bebas maka tetap harus ada pengawasan dari orang tua.

7. Air Menenangkan

Berbagai penelitian telah membuktikan kalau air memiliki efek yang menenangkan untuk otak. Oleh karena itu, menghabiskan waktu di dalam air memiliki efek yang hampir sama dengan meditasi. Begitu juga dengan anak-anak yang akan merasa nyaman ketika melakukan olahraga renang. Otak anak akan diistirahatkan dan merasa lebih segar.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar