Mengapa Olahraga Renang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Renang menjadi olahraga yang disukai oleh sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Selain itu olahraga renang juga mampu membuat jantung lebih sehat. Sehingga peredaran darah bekerja secara maksimal dan mampu mencegah penyakit organ dalam.

Alasan Mengapa Olahraga Renang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Latihan Aerobik

Olahraga renang termasuk latihan aerobik yang bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini dapat dilakukan secara rutin agar bisa merasakan hasil yang maksimal. Jantung dan organ dalam lainnya akan lebih sehat jika olahraga renang dilakukan sesuai anjuran.

Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya berenang dengan kedalaman yang dangkal. Selain itu bisa belajar kepada ahli yang sudah mahir dalam melakukan olahraga ini. Lakukan olahraga renang yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit dalam tubuh.

2. Detak Jantung Istirahat

Detak jantung yang memiliki waktu istirahat rendah kemungkinan dapat mengurangi resiko penyakit. Biasanya orang yang melakukan olahraga renang memiliki jeda istirahat 40 detak per menit. Hal tersebut dapat membuat jantung bekerja secara maksimal sehingga peredaran lancar. Jadi sebaiknya olahraga renang dilakukan secara rutin agar mampu meminimalisir resiko sakit jantung.

3. Pengaturan Nafas

Olahraga renang melatih pernafasan agar tidak terlalu cepat atau lambat. Otot yang ada di dalam tubuh akan bekerja untuk meningkatkan jantung dan paru-paru supaya lebih maksimal. Anda yang rutin melakukan olahraga renang akan mampu mengatur pernafasan yang normal. Sehingga tubuh tidak kekurangan udara bersih yang dihirup.

4. Metabolisme

Metabolisme tubuh akan meningkat jika Anda melakukan olahraga setiap hari termasuk renang. Biasanya perenang memiliki metabolisme yang baik untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Anda yang melakukan olahraga renang 30 menit per hari diketahui setara dengan olahraga rutin 45 menit. Jadi olahraga renang memang sangat bagus untuk proses metabolisme.

5. Sirkulasi Meningkat

Sirkulasi atau sistem peredaran darah dapat bekerja dengan baik jika banyak dilatih dengan olahraga. Anda bisa berenang agar jantung memompa dan mengedarkan darah secara maksimal untuk kesehatan tubuh. Jika Anda tidak pernah melakukan olahraga, kerja jantung pun akan menurun yang bisa menyebabkan penyakit.

6. Olahraga yang Ringan

Renang termasuk olahraga yang ringan karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu menggerakkan otot tangan, kaki, dan tubuh lainnya agar bisa mengapung di dalam air. Meskipun tergolong ringan tapi manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan jantung.

7. Oksigen Tercukupi

Olahraga renang diketahui sangat bagus untuk mengatur oksigen di dalam tubuh. Anda bisa mengatur nafas dengan menghirup oksigen dari luar. Olahraga ini memang melatih Anda agar tubuh bisa menyerap kadar oksigen secara maksimal.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar