Mengapa Nyamuk Merugikan Manusia

Nyamuk adalah hewan kecil yang dianggap harus kita hindari karena merupakan hewan yang merugikan manusia. Nyamuk berperan membawa penyakit menular atau dikenal dengan sebutan penyakit tular vektor.

Dalam keseharian kita sering melihat berbagai produk pembasmi nyamuk, dengan adanya produk tersebut semakin menjelaskan peran nyamuk yang sangat merugikan. Sebenarnya mengapa nyamuk menjadi hewan yang merugikan manusia?

Alasan Nyamuk Merugikan Manusia

1. Nyamuk penyebab demam berdarah

Dari data statistik dunia didapatkan bahwa nyamuk menjadi resiko sebesar 40% negara di dunia terkena demam berdarah. Setiap tahun sekitar 50 sampai 100 juta orang di dunia terjangkit penyakit demam berdarah. Memang angka ini tidak begitu fatal namun penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian anak-anak di Asia dan Amerika Latin. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit demam berdarah.

2. Menyebarkan demam kuning

Penyakit demam kuning atau dikenal dengan istilah yellow fever setiap tahun hampir diderita oleh 200 ribu orang dan mengakibatkan kematian bagi 30 ribu penderitanya. Penyakit demam kuning ini juga diakibatkan oleh gigitan nyamuk dan sampai sekarang belum ditemukan obatnya namun sudah ada vaksinnya. 15% dari penderita penyakit ini akan mengalami fase toksik dimana terjadi pendarahan sehingga organ-organ lain gagas berfungsi.

3. Pembawa virus West Nile

Penyakit west nile ini dibawa oleh burung namun tetap akan bisa tertular ke manusia lewat nyamuk yang menggigit burung yang sudah terinfeksi virus ini. Data menunjukkan 1 dari 150 penderita penyakit ini mengalami kondisi kritis dan mengakibatkan kematian.

4. Penyebar penyakit demam chikungunya

Gigitan dari namun bisa menyebabkan demam chikungunya yaitu penyakit yang ditandai dengan demam dan nyeri pada persendian. Manusia yang daya tahan tubuhnya lemah akan mudah terserang virus yang dibawa nyamuk ini.

5. Nyamuk penyebab cacat permanen

Pernah mendengar penyakit tropis? Lymphatic filariasis memang sudah jarang kita dengar namun jenis penyakit ini dahulu menginfeksi hampir 120 juta dengan sepertiga diantaranya mengalami cacat permanen. Infeksi yang disebabkan oleh nyamuk ini tidak langsung mengakibatkan tubuh terluka parah namun parasit yang dibawa nyamuk akan menjadi iymphatif yang berlangsung lama sekitar 8 tahun kemudian merusak sistem imun, ginjal dan juga organ manusia.

6. Nyamuk pembawa penyakit malaria

Kasus penyakit malaria pernah mengguncang dunia pada tahun 200 sampai 2012. Setiap tahun kasus penyakit malaria mengalami penurunan namun secara global 207 juta orang sudah pernah terinfeksi penyakit ini dan hampir seperempat dari total yang terinfeksi meninggal akibat penyakit malaria yang disebabkan oleh nyamuk.

7. Nyamuk susah diberantas

Nyamuk adalah hewan yang sulit sekali dimusnahkan alasannya karena nyamuk tidak membutuhkan persyaratan sulit untuk bisa hidup dan berkembang biak. Nyamuk hanya perlu tempat yang sedikit ada airnya untuk berkembang biak. Setiap waktu nyamuk-nyamuk juga semakin kebal dengan bahan insektisida yang dibuat oleh manusia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar