Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

Norma adalah aturan yang mengikat individu dalam melakukan kehidupan bermasyarakat. Setiap orang harus mematuhi norma yang berlaku agar terhindar dari perbuatan diluar batas.

Masyarakat yang melaksanakan norma pasti memiliki tujuan hidup yang jelas dan berfikir dua kali sebelum bertindak. Tak hanya itu saja, norma juga akan membuat kehidupan masyarakat menjadi aman dan tentram.

Alasan Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

1. Melindungi Hak Tiap Individu

Adanya norma dalam kehidupan masyarakat mampu melindungi hak tiap individu. Setiap orang tidak bisa melakukan hal diluar batas kepada orang lain. Selain itu norma juga membuat individu memiliki kebebasan untuk melakukan hak yang dimiliki tanpa adanya gangguan orang lain. Maka dari itu norma sangat penting dipatuhi dan diterapkan dengan baik agar hak semua orang dapat terjamin.

2. Mengatur Perilaku Masyarakat

Norma memang diketahui dapat mengatur perilaku masyarakat. Setiap poin-poin yang terkandung di dalam norma diyakini memiliki tujuan yang baik dalam memperbaiki kehidupan individu. Norma juga dibuat berdasarkan hukum yang berlaku dan sesuai dengan perilaku masyarakat. Orang yang menjalankan norma diyakini bisa memiliki kepribadian yang lebih baik.

Sedangkan orang yang tidak mau mematuhi norma pasti akan berbuat seenaknya sendiri tanpa memikirkan resikonya. Hal tersebut akan membuat orang tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas. Sehingga norma sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat. Semua orang diharapkan dapat menjalankan norma sesuai fungsinya agar mampu menghindari diri dari perilaku buruk.

3. Menghindari Perbuatan Jahat

Seperti yang telah diketahui bahwa norma mampu membuat seseorang menghindari perbuatan jahat. Hal ini dikarenakan di dalam norma mengandung sanksi yang akan diterima oleh siapa saja yang melanggarnya. Melalui sanksi tersebut diharapkan masyarakat berfikir dahulu sebelum melakukan sesuatu. Namun bila dalam masyarakat tidak ada norma, maka kemungkinan yang terjadi semua orang dapat melakukan hal diluar batas.

4. Menciptakan Ketentraman Masyarakat

Ketentraman di dalam suatu kehidupan masyarakat sangat diperlukan. Masyarakat yang tentram akan mudah berinteraksi dengan orang lain dalam melakukan berbagai hal. Norma juga membuat orang yang mematuhinya menjadi memiliki prinsip untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan orang lain.

Jika kejahatan berkurang, maka masyarakat akan merasa hidupnya tentram tanpa takut ada gangguan dari orang lain. Sehingga norma yang ada harus selalu ditegakkan oleh siapapun. Tak hanya itu, masyarakat diharapkan juga dapat mengikuti dan mematuhi setiap norma yang berlaku.

5. Pedoman Dasar

Norma menjadi pedoman dasar masyarakat dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Tanpa adanya norma, setiap orang akan bingung dalam menentukan tujuan hidupnya. Apalagi norma juga mengatur perilaku masyarakat agar selalu berbuat baik dan menghindari perilaku buruk. Sehingga semua orang harus menjalankan norma dan menjadikannya sebagai pedoman agar tidak salah dalam bertindak.

6. Pengontrol Sosial

Setiap orang yang patuh terhadap norma pasti akan berfikir berulang kali sebelum melakukan perilaku buruk. Selain itu masyarakat juga harus menghormati hak dan kewajiban orang lain. Hal itulah yang membuat norma menjadi pengontrol sosial masyarakat. Jadi siapa saja harus patuh terhadap norma yang berlaku.

7. Menciptakan Keamanan

Keamanan di lingkungan masyarakat dapat tercipta apabila pengontrol sosial dapat berjalan dengan baik. Orang yang melaksanakan norma dengan baik tidak akan melakukan pelanggaran di luar batas. Hal tersebut membuat masyarakat hidup rukun dan aman tanpa takut diganggu orang lain.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar