Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri

Singapura merupakan negara maju di kawasan Asia Tenggara. Negara tetangga ini juga menjadi pusat perekonomian di kawasan kita. Julukan bagi negara Singapura yaitu macan asia, julukan ini didapatkan karena kekuatan ekonomi dari negaranya.

Singapura berperan penting dalam perekonomian dunia di bidang perdagangan, dan industri. Mengapa ya Negara Singapura lebih fokus pada perdagangan dan industri dibandingkan bidang lain?

Alasan Singapura Lebih Fokus Pada Perdagangan dan Industri

1. Berbagai industri maju di Negara Singapura

Singapura dikenal sebagai negara maju berkat kemajuan berbagai industrinya. Industri yang maju pesat di Singapura yaitu pariwisata, perbankan, dan elektronik. Bandara internasional Changi Singapura ditetapkan sebagai bandara paling bahagia di dunia. Dari industri perbankan tercatat 17% penduduk Singapura bekerja di sektor perbankan. Bidang elektronik menjadi komoditi ekspor utama di Negara Singapura.

2. Negara Singapura minim sumber daya alam

Bukan rahasia bila negara maju di Asia Tenggara ini merupakan negara tanpa adanya sumber daya alam. Dalam memenuhi kebutuhan akan sumber daya alam Negara Singapura mengandalkan impor dari negara lain seperti dari Negara Indonesia. Singapura tidak memiliki sumber daya seperti ikan, hasil laut, dan tambang.

3. Lokasi negara yang strategis

Lokasi Negara Singapura secara geografis merupakan lokasi yang strategis berada di jalur perdagangan Selat Malaka dan Selat Singapura. Pelabuhan Singapura menjadi salah satu dari lima pelabuhan terpadat di dunia. Hal ini tentu menguntungkan bagi Negara Singapura karena bisa lebih mudah mengekspor hasil industrinya ke negara lain.

4. Pariwisata Singapura sangat maju

Meskipun Negara Singapura tidak memiliki sumber daya alam namun daya tarik pariwisata negara ini sangat kuat. Wisatawan yang datang ke Singapura akan dibuat kagum dengan tatanan kotanya yang terjaga dengan baik, seperti tidak ada tanah yang dibiarkan kosong tetap akan ditanami dengan rerumputan hijau, jalur pejalan kaki yang aman dan nyaman, dan berbagai fasilitas kota yang dirawat secara rutin dengan baik.

5. Masyarakat Singapura yang disiplin

Tidak hanya kotanya tetapi juga masyarakat lokalnya yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadi pribadi yang disiplin. Sumber daya Singapura termasuk unggul dan juga memiliki keterampilan. Masyarakat Singapura terbiasa dengan berbagai aturan yang mengharuskan warganya untuk patuh. Singapore mengenal 4 bahasa resmi yang diakui negara yaitu bahasa inggris, melayu, tamil dan mandarin. Beragam bahasa resmi ini membuat masyarakat singapura bisa multibahasa.

6. Banyak penduduk yang bekerja di sektor jasa

melihat negara yang tumbuh pesat di sektor industri dan perdagangan membuat sebagian penduduk bekerja di sektor jasa yang mendorong pertumbuhan ekonomi misalnya membangun hotel, penginapan, tempat hiburan, jasa transportasi dan lainnya.

7. Industri elektronik maju

Tidak memiliki sumber daya alam untuk diekspor Singapura menggunakan hasil industri sebagai penopang utama pendapatan negaranya. Berbagai peralatan elektronik dan mesin dihasilkan negara ini untuk kemudian di ekspor ke negara lain.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar