Close

Mengapa Negara Jepang Tidak Termasuk dalam Kawasan ASEAN

ASEAN merupakan singkatan dari Assosiation of Southeast Asian Nations, yaitu organisasi ekonomi khusus dan geopolitik untuk negara-negara yang berada di kawasan wilayah Asia Tenggara.

Organisasi tersebut resmi didirikan yaitu pada tanggal 8 Agustus tahun 1967, tepatnya di Bangkok, Thailand. Ada banyak sekali negara yang tergabung di dalam ASEAN ini, namun untuk Negara Jepang tidak termasuk dalam kawasan ASEAN. 

Alasan Mengapa Negara Jepang Tidak Termasuk dalam Kawasan ASEAN

ASEAN merupakan salah satu organisasi yang di dalamnya membahas mengenai ekonomi serta politik antara negara-negara di kawasan ASEAN. Tujuannya sendiri yaitu untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai dan juga stabil.

Mulanya ASEAN tersebut dibentuk oleh karena terjadi konflik di beberapa kawasan Asia Tenggara. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, banyak sekali latar belakang dan juga faktor hingga akhirnya mendorong kelima negara yang telah disebut di atas sepakat untuk mendirikan organisasi ASEAN. Lalu kira-kira mengapa Negara Jepang tidak termasuk dalam kawasan ASEAN?

1. Perbedaan Budaya

Salah satu faktor yang menjadi latar belakang atau pendorong kerjasama di dalam organisasi ASEAN yaitu adanya persamaan budaya. Seperti yang diketahui, penduduk Asia Tenggara merupakan keturunan dari Ras Malayan Mongoloid.

Dalam perkembangannya ras tersebut memang banyak sekali menerima pengaruh budaya dari Negara Cina, Arab dan juga India. Salah satu sebab kenapa di sini Jepang tidak masuk dalam ASEAN, yaitu karena Jepang berbeda budaya.

2. Berbeda Kepentingan

Semua negara yang tergabung di dalam ASEAN memiliki tujuan serta visi yang sama, yaitu untuk keamanan, kesejahteraan dan kedamaian, baik itu dalam lingkup regional maupun nasional, khususnya Asia Tenggara. Secara garis besar kepentingan dari Negara Jepang berbeda dengan mayoritas negara ASEAN.

3. Berbeda Latar Belakang

Hampir seluruh negara yang ada di kawasan Asia Tenggara merupakan negara yang dijajah oleh negara-negara lain. Seperti contohnya Singapura dan Malaysia dijajah oleh Inggris. Hal itulah yang akhirnya menjadikan negara-negara bekas jajahan tersebut merasa senasib dan memutuskan untuk membuat sebuah organisasi bernama ASEAN dengan persamaan nasib tersebut. Berbeda lagi dengan Negara Jepang yang di sini tidak pernah dijajah oleh negara manapun.

4. Jepang Negara Maju

Jepang merupakan negara yang maju, dan hal tersebut membuat Negara Jepang menjadi negara yang mandiri dan tidak terlalu membutuhkan sebuah organisasi untuk meningkatkan ekonomi di dalam negaranya.

5. Perbedaan Geografis

Negara ASEAN merupakan negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Dan tentunya hal tersebut merupakan salah satu penyebab kenapa Jepang bukan termasuk kawasan ASEAN, karena memang Jepang tidak masuk dalam wilayah Asia Tenggara.

6. Jepang Tidak Berminat

Alasan lain untuk kenapa Jepang tidak masuk dalam ASEAN yaitu karena memang negara tersebut tidak berminat untuk bergabung dengan ASEAN.

7. Jepang Bekas Negara Penjajah

Seperti yang diketahui, Jepang dulunya merupakan negara yang suka menjelajah. Indonesia merupakan salah satu negara yang pernah dijajah oleh negara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Jepang memang berbeda nasib jika dibandingkan dengan anggota ASEAN lainnya yang merupakan negara bekas dijajah.

Tinggalkan komentar