Mengapa Membangun Integrasi Nasional Sangat Penting Pada Kehidupan Bernegara

Sebelum membahas mengenai alasan pentingnya membangun sebuah Integrasi Nasional bagi sebuah negara kita harus mengetahui apa itu Integrasi Nasional terlebih dahulu. Integrasi Nasional sendiri merupakan sebuah usaha untuk menyatukan berbagai macam perbedaan pada sebuah negara agar terciptalah kesatuan dan persatuan.

Selanjutnya mari kita bahas beberapa alasan kenapa membangun Integrasi Nasional itu sangat penting bagi sebuah kehidupan bernegara.

1. Karena Indonesia Memiliki Banyak Sekali Perbedaan

Bangsa Indonesia terkenal dengan banyak sekali perbedaan mulai dari Agama, Suku, Ras hingga Budaya. Semua perbedaan ini jelas harus dipersatukan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa hidup dengan rukun dan damai tanpa memandang bulu.

2. Menghindari Rasisme Atau Penindasan Oleh yang Lebih Berkuasa

Dengan adanya Integrasi Nasional diharapkan bisa menekan rasisme atau penindasan terhadap pihak yang lebih lemah oleh pihak yang lebih kuat atau pihak mayoritas. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan mulai dari Agama, Suku, Ras dan Budaya.

Dari berbagai perbedaan tersebut tidak sedikit orang atau pihak yang merasa dirugikan oleh pihak yang lebih kuat. Dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki pihak terkuat tidak segan-segan menindas mereka yang lebih lemah karena merasa sudah paling kuat.

3. Menyatukan Indonesia dan Menjauhkan dari Serangan Dari Dalam

Masih dari kasus yang ada pada poin pertama dimana perbedaan yang dimiliki Bangsa Indonesia ini bisa menyebabkan penyerangan dari dalam dan dari luar. Hal tersebut karena ketika musuh melihat ada beberapa pihak yang saling membenci, musuh tersebut akan menghasut kedua pihak yang saling membenci tersebut untuk menyerang satu sama lain.

Jika kedua pihak yang dihasut ini termakan omongan musuh maka mereka akan melakukan perang keluarga yang kemudian akan dimanfaatkan musuh untuk menyerang Indonesia dari luar. Alhasil Indonesia tidak hanya berperang melawan musuh dari luar saja namun kita juga akan berperang menghadapi warga kita sendiri. Oleh sebab itu Integrasi Nasional dibutuhkan untuk menyatukan semua perbedaan kita agar tidak bisa dimanfaatkan oleh musuh.

4. Bhineka Tunggal Ika

Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu, dimana semboyan inilah yang menjadi dasar atau fondasi kenapa kita harus melakukan Integrasi Nasional. Dengan tetap menjaga fondasi bernegara kita akan membuat Indonesia tetap di jalan yang benar.

5. Mengikuti Amanah Pemimpin Terlebih Dahulu

Indonesia merupakan sebuah negara yang sudah berdiri sejak 17 Agustus 1945. Dari sekian tahun berdirinya Indonesia pasti sudah mengalami pergantian kepemimpinan berkali-kali dan setiap pemimpin pasti menurunkan cita-citanya kepada pemimpin selanjutnya, untuk tetap menjaga cita-cita dari pemimpin sebelumnya tersebut kita sebagai warga negara juga harus bersatu untuk mewujudkannya.

6. Menghargai Para Pahlawan yang Sudah Gugur

Selain pemimpin bangsa terlebih dahulu kita sebagai warga negara juga harus bersatu untuk menghargai para pahlawan yang sudah gugur. Semua pahlawan yang sudah gugur tersebut bukan berasal dari satu Agama, Suku, Ras atau Budaya saja jadi untuk menghargai dan menghormati mereka kita juga harus bersatu untuk membangun negeri tercinta kita ini.

7. Menjadi Negeri yang Tentram dan Damai

Tujuan dari menjalankan Integrasi Nasional adalah untuk mempersatukan seluruh warga negara menjadi satu kesatuan. Hasil dari persatuan tersebut adalah sebuah negeri yang tentram dan damai, dimana semua penduduknya saling mengerti dan saling toleransi satu sama yang lain.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA
facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar