Mengapa Matahari Dikatakan Sebagai Sumber energi Paling Besar di Bumi

Matahari sebagai pusat tata surya memiliki peranan penting yang tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan di bumi. Tanpa keberadaan matahari, suhu planet ini bisa sangat dingin sehingga tidak layak ditinggali.

Bahkan, tumbuhan juga tidak dapat melaksanakan mekanisme fotosintesis tanpa dukungan dari energi sang surya. Terlepas dari segala manfaatnya, tahukah Anda mengapa matahari dikatakan sebagai sumber energi paling besar di muka bumi?

Alasan Matahari Dikatakan Sebagai Sumber energi Paling Besar di Bumi

1. Bintang terdekat

Matahari sesungguhnya bukan satu-satunya bintang yang ada di alam semesta, tetapi inilah yang paling dekat dengan bumi. Bintang lain perlu ratusan bahkan jutaan tahun sampai cahayanya tiba di bumi dan itu juga terjadi dalam intensitas rendah. Posisi strategis matahari ini pada imbasnya menjadikan keadaan bumi layak dihuni oleh berbagai macam organisme.

2. Pendukung fotosintesis

Manusia dan hewan secara khusus termasuk jenis organisme heterotrof yaitu tidak mampu memproduksi makanan mereka sendiri. Agar bisa makan, kita memerlukan peran tumbuhan dengan proses fotosintesisnya. Lebih jauh, proses fotosintesis hanya dapat terjadi jika intensitas cahaya dari matahari cukup untuk dimanfaatkan oleh tumbuhan.

3. Menjaga suhu bumi

Sebelumnya telah disinggung bahwa tanpa keberadaan matahari, maka bumi akan menjadi planet yang tidak layak huni. Ini karena suhunya bisa menurun drastis hingga mencapai minus derajat Celcius di mana mayoritas organisme tidak dapat bertahan di dalamnya. Di sisi lain, air juga bisa turut serta membeku sehingga sumber energi lainnya tidak dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

4. Potensi sumber listrik

Sekarang ini kampanye ramah lingkungan semakin disoroti oleh dunia internasional. Sejalan dengan hal itu, matahari menjadi alternatif listrik yang diperhitungkan melalui teknologi panel surya. Hal ini setidaknya cukup untuk membuktikan betapa matahari dapat memberikan manfaat di berbagai bidang ketika diolah dengan tepat.

5. Gravitasi

Matahari bukan tanpa alasan menjadi pusat tata surya, melainkan karena dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah gravitasi di mana ini berfungsi untuk mempertahankan benda-benda langit khususnya planet tetap beredar pada porosnya. Jarak antara matahari dengan bumi membuat planet kita tetap dapat melakukan revolusi dan rotasi.

6. Sumber cahaya

Bayangkan betapa gelapnya bumi jika tidak disinari oleh matahari sama sekali. Itu bisa menjadi kehidupan yang menakutkan bahkan apabila terjadi secara terus-menerus bisa melumpuhkan berbagai aktivitas manusia. Pasalnya, kita jadi tidak dapat melihat secara normal dan barangkali bisa terjadi mutasi secara besar-besaran di mana manusia dipaksa untuk beradaptasi lagi.

7. Indikator waktu

Waktu merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia di mana perhitungannya mengandalkan matahari. Tanpa matahari, kita tidak akan mengenal istilah siang dan malam, juga semuanya jadi terasa sama saja. Inilah mengapa matahari dikatakan sebagai sumber energi paling besar karena semua aspek kehidupan manusia bergantung padanya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close