Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Kerjasama adalah kumpulan diantara individu yang berusaha dalam mencapai tujuan atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Tentu saja masyarakat telah memahami berbagai manfaat dari adanya kerjasama ini.

Manfaat yang ditimbulkan tersebut bisa dalam jangka panjang dan juga jangka pendek. Bahkan, dapat pula berguna dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

Alasan Manusia Perlu Melakukan Kerjasama Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup

1. Kerjasama Membuat Manusia Belajar Menghargai Orang Lain

Salah satu kebutuhan hidup manusia yaitu dihargai oleh orang lain. Supaya Anda dihargai orang lain, tentu harus belajar menghargai pikiran dan usaha dari orang lain pula. Agar diri Anda menjadi pribadi yang senang bergaul serta biasa dalam melakukan kerjasama. Anda pun dapat memupuk rasa persaudaraan dan toleransi yang kuat dan erat dengan menghargai orang lain. Anda juga harus berlatih supaya menghormati dan menghargai perbedaan cara dan pendapat yang terdapat di dalam tim.

2. Kerjasama Memungkinkan Manusia Untuk Mengutarakan Pikirannya

Cara untuk memperoleh kebutuhan hidup pastinya bermacam-macam. Adanya kerjasama juga bisa mempermudah dan mempercepat usaha manusia dalam memperoleh kebutuhan hidup. Saat bekerjasama belum tentu cara rekan Anda untuk memperoleh kebutuhan hidup yang merupakan tujuan bersama pasti efisien dan efektif.

Di saat seperti itulah, alangkah baiknya Anda menuangkan isi pikiran dengan mengemukakan pendapat. Apabila ternyata cara dan pendapat Anda benar serta seluruh rekan kerjasama sependapat, maka usaha bekerjasama untuk memperoleh kebutuhan hidup bisa berhasil.

3. Dapat Semakin Mudah Dalam Memperoleh Kebutuhan Hidup

Kerjasama dapat mempermudah usaha manusia guna memperoleh kebutuhan hidup. Dikarenakan beban tugas yang sedang Anda kerjakan menjadi berkurang, sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Dikarenakan pekerjaan yang sulit tersebut dapat dibagi beberapa bagian lalu dikerjakan sesuai dengan kemampuan dan dapat menutupi kelemahan. Misalnya saja adalah kerjasama antar negara dalam bidang ekonomi.

4. Kerjasama Memungkinkan Manusia Untuk Bersosial

Tidak hanya kebutuhan sekunder dan primer, hidup bersosial merupakan salah satu dari kebutuhan hidup setiap manusia. Dengan adanya kerjasama, Anda otomatis sedang mengusahakan kebutuhan untuk bersosial. Sehingga, dengan kerjasama dapat memupuk dan membiasakan diri dengan sikap persatuan dan semangat sosial.

5. Dapat Semakin Cepat Dalam Memperoleh Kebutuhan Hidup

Kerjasama dapat menjadikan usaha Anda untuk memperoleh kebutuhan hidup semakin cepat selesai. Kebutuhan hidup, target, cita-cita, tujuan, serta keuntungan yang diinginkan bersama akan semakin diraih dengan cepat. Dikarenakan pekerjaan yang banyak atau besar dapat dipecah-pecah untuk dikerjakan secara bersama-sama.

Contohnya petani yang hendak menanam padi di sawah dengan luas lahan hingga puluhan hektar. Pastinya akan memerlukan petani dalam jumlah yang lebih banyak lagi apabila proses panen ingin bisa lebih cepat.

6. Kemampuan Manusia yang Terbatas

Dapat dibilang kemampuan setiap manusia sudah pasti terbatas, sedangkan kebutuhan ketika masih hidup tidak terbatas. Contohnya saja tidak semua manusia dapat menanam padi sendiri guna memenuhi kebutuhannya untuk makan. Sehingga, ia akan membutuhkan orang lain guna memperoleh padi tersebut.

7. Adanya Kesamaan Kebutuhan

Alasan yang terakhir dari harus adanya kerjasama antar manusia ini karena adanya kesamaan kebutuhan. Contohnya dalam kebutuhan primer seperti tempat tinggal, pakaian, dan makanan. Seluruh kebutuhan itu sulit sekali untuk dipenuhi secara sendirian. Oleh sebab itu, sangat diperlukan kerjasama dengan manusia yang lain supaya berbagai kebutuhan tersebut dapat segera terpenuhi dengan mudah.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar