Mengapa Manusia Harus Melakukan Kegiatan Ekonomi

Manusia mempunyai kebutuhan berupa sandang, pangan, papan, kesehatan, informasi, pendidikan, kepuasan, dan lain sebagainya. Berbagai kebutuhan tersebut bisa memberikan kemakmuran, kepuasan, dan kesejahteraan yang terjamin.

Untuk mewujudkan semua itu, dibutuhkan adanya aktivitas yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan itu. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya suatu kegiatan ekonomi yang tentunya berlandaskan prinsip ekonomi supaya seseorang memiliki pendapat.

Alasan dan Tujuan Dari Kegiatan Ekonomi

1. Untuk Memperoleh Uang, Kekayaan, dan Keuntungan

Tujuan pertama dari dilakukannya kegiatan ekonomi oleh manusia yaitu untuk memperoleh uang, kekayaan, dan tentunya keuntungan. Guna mencukupi seluruh kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan di masa depan, maka Anda memerlukan sebuah kekuatan finansial yang pastinya sehat. Dengan melakukan kegiatan ekonomi ini menjadi salah satu cara untuk meraup penghasilan.

Sehingga, jika penghasilan yang kita peroleh dapat mencukupi, maka secara otomatis keadaan finansial menjadi sehat. Selain itu, perlu dilakukan suatu perhitungan yang benar dan cermat supaya mendapatkan hasil yang memang sesuai dengan harapan Anda.

2. Mengikat Secara Hukum

Dikatakan sebagai suatu kegiatan ekonomi hanya apabila aktivitas yang dilakukan tersebut sah di mata hukum. Berbagai tindakan yang mampu menghasilkan kekayaan dan uang dengan cara penyelundupan, korupsi, penyuapan, pencurian, perampokan, dan lain sebagainya tidak dapat disebut sebagai suatu kegiatan ekonomi dikarenakan melanggar hukum.

3. Pemanfaatan Sumber Daya

Berbagai sumber daya yang tersedia bisa digunakan supaya mampu mempunyai nilai manfaat. Sumber daya bisa berupa modal, sumber daya alam, hasil pertanian, kendaraan, tanah, dan lain sebagainya. Adanya sumber daya yang melimpah ini bisa mendukung jalannya kegiatan ekonomi, sehingga kebutuhan manusia dalam berbagai bidang pun akan tercukupi dengan baik.

4. Dapat Diterima Secara Sosial

Kegiatan ekonomi yang berjalan dengan lancar merupakan kegiatan ekonomi yang tentunya sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat itu sendiri. Apabila memang tidak sesuai, maka masyarakat sekitar pastinya akan menolak adanya keberlangsungan kegiatan ekonomi yang ada di daerah tersebut.

Misalnya saja suatu perdagangan minuman keras di sebuah kampung tentu saja tidak akan berhasil apabila masyarakat yang tinggal di daerah itu senantiasa menjunjung tinggi nilai moral, agama, dan kesehatan. Dengan begitu, maka perdagangan minuman keras yang ada di daerah tersebut akan mengalami kebangkrutan. Apabila seseorang dapat diterima secara sosial, maka akan lebih memudahkan untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidup secara lebih baik lagi.

5. Menggunakan Akal Sehat

Untuk memperoleh keuntungan dan penghasilan yang maksimal, maka perlu untuk melibatkan rasionalitas atau akal sehat dalam pemanfaatan sumber daya. Apabila menggunakan suatu strategi yang terbilang jitu, maka usaha yang sama dapat memperoleh keuntungan yang pastinya lebih optimal.

6. Untuk Mendapatkan Penghargaan

Tindakan ekonomi seseorang terkadang pun dilakukan dengan alasan supaya individu dapat dihargai oleh orang lain. Ini tentunya dilakukan untuk memperoleh kepuasan tersendiri untuk pelaku dari kegiatan ekonomi itu sendiri. Penghargaan tersebut dimaksudkan guna mendapatkan pujian sampai status sosial yang terbilang lebih tinggi dalam lingkungannya.

7. Mendapatkan Kekuasaan

Tujuan terakhir dari dilakukannya suatu kegiatan ekonomi yaitu untuk mendapatkan kekuasaan. Motif mendapatkan kekuasaan dapat hadir  dalam level politik kenegaraan sampai ke skala yang tergolong kecil yaitu pada level keluarga dan pertemanan. Kekuasaan yang diperoleh seseorang tidak dapat dipungkiri bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, tidak heran lagi apabila banyak orang yang saling berlomba untuk mendapatkan suatu kekuasaan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar