Mengapa Manusia Harus Berilmu Untuk Melangsungkan Hidupnya

Semua orang pasti pernah mendengar ungkapan ‘carilah ilmu sampai ke negeri china’. Ungkapan tersebut memiliki makna bahwa setiap manusia yang ingin melangsungkan hidupnya harus memiliki bekal ilmu.

Dengan ilmu, manusia selalu mempunyai jalan keluar ketika menemukan permasalahan dalam hidup dan menemukan ide untuk menciptakan sesuatu yang baru. Berikut alasan pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia:

Alasan Manusia Harus Berilmu untuk Melangsungkan Hidupnya

1. Tuhan YME memberi akal pada manusia agar digunakan sebaik mungkin

Tuhan menciptakan manusia, hewan, dan tumbuhan dengan kelebihannya masing-masing. Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna di antara mahluk hidup lainnya karena manusia diberi akal dan pikiran supaya dipergunakan sebaik mungkin. Oleh karena itu, manusia harus berilmu agar bisa menggunakan akal pikiran secara sehat dan cerdas.

2. Ilmu memberikan wawasan pengetahuan yang luas

Dengan memiliki ilmu, wawasan pengetahuan manusia akan semakin luas. Hal-hal yang sebelumnya tidak dipahami akan menjadi paham berkat ilmu yang dimiliki. Apabila manusia mempunyai wawasan pengetahuan yang luas, akal pikiran akan selalu terbuka sehingga tidak mudah menilai segala sesuatu hanya dari kulit luarnya saja.

3. Keahlian didapatkan dari ilmu

Manusia yang gemar menuntut ilmu, maka ia akan mendapatkan keahlian. Semakin banyak ilmu yang dipelajari, semakin banyak juga keahlian yang dimiliki. Kehidupan manusia membutuhkan keahlian sebagai bekal untuk bertahan hidup dan juga bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

4. Permasalahan hidup bisa diselesaikan dengan ilmu

Manusia yang kekurangan ilmu pasti akan lebih mudah stres karena kebingungan untuk menyelesaikan masalah dalam hidupnya. Dengan memiliki ilmu serta wawasan pengetahuan yang luas, maka manusia bisa menganalisis masalah dan mencari solusi berdasarkan masalah yang dihadapi secara tepat.

5. Ilmu membantu manusia memilah hal yang baik dan buruk

Tanpa ilmu, manusia akan mudah terjerumus dalam pergaulan yang bsia merugikan dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan ilmu agar manusia mempunyai pegangan hidup yang jelas dan bisa membedakan sesuatu hal yang baik dan yang buruk. Dengan begitu, manusia akan mendapatkan circle pertemanan yang baik.

6. Ilmu sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial

Manusia merupakan mahluk sosial sehingga manusia akan selalu berinteraksi dengan manusia yang lain dalam segala hal. Jika akal pikiran telah dibekali ilmu, maka manusia berilmu pasti paham bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain yang tepat dan tidak menyakiti hati orang lain. Selain itu, manusia yang berilmu pasti akan tergerak hatinya untuk membantu sesamanya yang kesusahan.

7. Derajat manusia akan meningkat dengan adanya ilmu

Semakin tinggi manusia menuntut ilmu, maka akan semakin tinggi pula derajatnya. Misalnya saja, manusia sekolah dari SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Setelah itu, manusia bisa bekerja dengan bekal ilmu yang diperoleh semenjak sekolah dan menerapkannya dalam pekerjaan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close