Mengapa Manusia Disebut Sebagai Makhluk Sosial

Manusia adalah makhluk sempurna dan menduduki derajat tertinggi sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diciptakan satu dan yang lain berbeda-beda, tidak ada satupun yang sama.

Di dunia ini tidak ada manusia yang mampu untuk hidup sendiri, sehingga kodratnya manusia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan membantu memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia disebut juga sebagai makhluk sosial. Mengapa bisa begitu? Simak alasannya berikut

Alasan Manusia Disebut Makhluk Sosial

1. Tidak bisa hidup sendiri

Manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain untuk membantunya dan mencukupi segala kebutuhannya. Secara naluri kebutuhan ini juga mencakup kebutuhan berinteraksi dengan orang lain atau berkomunikasi. Tidak ada manusia di dunia ini yang bisa hidup sendiri, tidak memandang suku, agama, ras, kepercayaan, keturunan, pangkat, jabatan kekayaan atau lainnya.

2. Memiliki kebutuhan sosial

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena manusia memiliki kebutuhan sosial yaitu untuk berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial ini diwujudkan dalam beragam cara seperti saling menyapa, berbicara, berjabat tangan, gotong royong, bekerja sama, menjalin pertemanan dan masih banyak lagi.

3. Perlu mengembangkan potensi dirinya

Manusia akan bisa mengembangkan potensi dirinya bila berada di tengah-tengah masyarakat. Potensi diri yang terlihat ini seperti berkat untuk menjadi seorang pemimpin, ahli memasak, pelawak, sales yang handal, pendakwah dan masih banyak lagi.

4. Memiliki keinginan hidup damai

Manusia di dalam hatinya menginginkan kehidupan yang damai. Keinginan untuk bisa menyatu dengan lingkungan dan alam sekelilingnya ini menjadi alasan mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. Semua orang ingin memiliki kehidupan yang damai tanpa adanya masalah dengan manusia lain. Perasaan ini merupakan tujuan dari perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

5. Ingin menjadi satu dengan alam

Selain keinginan untuk bisa harmonis dalam lingkungan tempat tinggal dan masyarakat, manusia juga memiliki keinginan untuk bisa menjadi satu dengan alam. Bisa memanfaatkan hasil alam, mendapatkan ketenangan dari alam, menjaga alam dan lainnya.

6. Memiliki naluri alami simpati dan empati

Alasan mengapa manusia dikatakan makhluk sosial karena manusia pada dasarnya diberkati dengan naluri alami yaitu rasa simpati dan empati. Rasa welas asih, kasih sayang, ingin menolong, ingin dilindungi, perasaan senang ketika bisa bermanfaat untuk orang lain, dan sebagainya ini yang menjadikan manusia sebagai makhluk sosial.

7. Taat dan patuh pada peraturan

Sebagai makhluk sosial manusia akan membentuk kelompok-kelompok masyarakat untuk saling berinteraksi. Dalam kelompok masyarakat ini akan muncul peraturan yang berguna untuk saling menjaga anggota kelompok. Adanya peraturan ini akan memunculkan sikap saling menghargai, kesadaran untuk tidak saling merugikan, toleransi, taat dan patuh pada peraturan. Contoh dari kelompok masyarakat ini seperti lingkungan RT, RW, komunitas dan lainnya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar