Mengapa Manusia dan Hewan Termasuk Golongan Heterotrof

Heterotrof adalah ketidakmampuan makhluk hidup dalam membuat makanan sendiri dari dalam tubuhnya. Hewan dan manusia tergolong heterotrof karena membutuhkan bantuan dari luar untuk memenuhi nutrisinya.

Selain itu makhluk hidup tersebut juga perlu bantuan tubuhnya untuk mengolah makanan yang sudah dicerna.

Alasan Mengapa Manusia dan Hewan Termasuk Golongan Heterotrof

1. Tidak Dapat Membuat Makanan

Makhluk hidup yang tergolong heterotrof memang tidak bisa membuat makanan sendiri. Hewan dan manusia membutuhkan sumber makanan dari luar untuk bertahan hidup. Hal ini tentu berbeda dengan tumbuhan yang bisa membuat makanan melalui proses fotosintesis.

Hewan sendiri dibagi menjadi herbivora, karnivora, dan omnivora sesuai dengan jenis makannya. Manusia pun juga membutuhkan tumbuhan dan sumber makanan lainnya. Hewan dan manusia yang tidak memiliki kemampuan membuat makanan sendiri yang membuatnya termasuk golongan heterotrof.

2. Sumber Makanan

Sumber makanan hewan dan manusia diketahui berasal dari luar atau lingkungan sekitarnya. Hal ini dikarenakan makhluk hidup tersebut tidak bisa membuat makanan sendiri dari dalam tubuhnya. Selain itu keduanya juga perlu bantuan dari makhluk hidup lainnya dalam memperoleh sumber makanan. Sehingga manusia dan hewan tergolong heterotrof dalam mempertahankan hidupnya.

3. Tidak Ada Klorofil

Klorofil merupakan zat yang membantu tumbuhan dalam proses fotosintesis. Namun tumbuhan yang tidak memiliki klorofil juga akan sulit membuat makanan sendiri. Hal itu berlaku pula pada manusia dan hewan yang tidak mempunyai klorofil di dalam tubuhnya. Jadi hewan dan manusia tidak mampu untuk membuat makanan sendiri dari dalam tubuhnya dan perlu bantuan dari luar.

4. Bergantung

Makhluk hidup yang tidak mempunyai kemampuan membuat makanan sendiri memang harus bergantung pada lingkungan sekitarnya. Hewan dan manusia akan mencari makan dengan berburu sumber makanan. Ketergantungan ini mampu membuat manusia dan hewan bertahan hidup dengan mencukupi nutrisinya. Sehingga makhluk hidup tersebut selalu bergantung pada habitatnya.

5. Membutuhkan Senyawa Organik

Hewan dan manusia membutuhkan beberapa senyawa organik dalam mengolah makanan di dalam tubuhnya. Sumber makanan yang sudah dicerna kemudian akan bekerja untuk memenuhi nutrisi makhluk hidup. Berbeda dengan tumbuhan yang tidak membutuhkan senyawa organik.

6. Kemampuan Bertahan Hidup

Makanan memang menjadi sumber utama yang diperlukan makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya. Manusia dan hewan diketahui tidak bisa membuat makanan sendiri sehingga harus mencari di sekitarnya. Jika makhluk hidup tidak mendapat sumber makanan yang baik maka akan berdampak pada kelangsungan hidupnya.

7. Proses Pencernaan

Manusia dan hewan memiliki beberapa organ pencernaan yang membantu dalam penyerapan makanan. Sari makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk mencukupi nutrisi. Jadi proses pencernaan ini sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar