Mengapa Lumba Lumba Termasuk Hewan Mamalia

Lumba-lumba hewan cerdas yang hidupnya di laut. Banyak orang yang menganggap bahwa lumba-lumba masuk dalam spesies ikan, padahal lumba-lumba merupakan salah satu hewan mamalia. Lho kok bisa? Masih belum percaya? Simak pembahasannya berikut

Alasan Mengapa Lumba-lumba Adalah Hewan Mamalia

1. Berkembang biak dengan cara vivipar

Lumba-lumba adalah hewan yang hidup di lautan mereka berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Ciri hewan mamalia adalah berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan.

2. Mempunyai kelenjar susu

Selain berkembang biak dengan cara melahirkan lumba-lumba juga menyusui anak-anaknya. Hal itu karena lumba-lumba juga mempunyai kelenjar susu yang menghasilkan cukup susu untuk pertumbuhan anakannya.

Usai melahirkan lumba-lumba betina akan bertanggung jawab untuk membesarkan anaknya secara penuh. Ada beberapa spesies lumba-lumba yang harus berpuasa dan menyusui anaknya dalam jangka waktu yang cukup lama

3. Bernafas dengan paru-paru

Lumba-lumba juga bernafas dengan paru-paru layaknya hewan mamalia pada umumnya yang kita temui di darat. Karena bernafas dengan paru-paru maka lumba-lumba secara periodik akan muncul ke permukaan air laut untuk menghirup oksigen lalu kembali ke dalam laut.

Jumlah paru-paru lumba-lumba ada sepasang, dan mereka akan bernafas menggunakan lubang sembur yang ada di atas kepalanya. Lumba-lumba juga mampu menahan nafas selama 8-12 menit di dalam air bahkan ada spesies yang mampu menahan nafas 15 menit di dalam air.

4. Jantung lumba-lumba punya empat ruang

Jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah juga dimiliki oleh lumba-lumba. Jumlah jantung pada lumba-lumba ada empat ruang yang masing-masing disekat dengan sempurna.

5. Suhu tubuh yang tetap

Meskipun tidak memiliki bulu layaknya hewan mamalia darat namun lumba-lumba tetap bisa mempertahankan suhu tubuhnya dan tidak terpengaruh dengan suhu lingkungan kemampuan ini disebut homoioterm. Kulit lumba-lumba juga tidak bersisik seperti spesies ikan. Mampu mempertahankan suhu tubuhnya ini karena lumba-lumba memiliki lapisan lemak dibawah kulitnya.

6. Kemampuan hidup di air tawar atau air asin

Lumba-lumba adalah hewan yang cerdas yang bisa bertahan hidup di kondisi air tawar dan air asin kecuali air aral dan caspian. Umumnya mereka menyukai air yang hangat dan sedang.

7. Tumbuhan yang beradaptasi

Bentuk tubuh dari lumba-lumba menyerupai torpedo. Kondisi leher lumba-lumba umumnya tidak fleksibel, anggota badannya beradaptasi menjadi sirip, kepala bulat dan sirip ekor. Kondisi gigi dari lumba-lumba berbentuk kerucut yang dipakai untuk menangkap mangsanya. Makanan lumba-lumba yaitu cumi, ikan kecil, udang, atau mamalia besar lain seperti anjing laut.

8. Punya kecerdasan

Lumba-lumba dikenal karena banyak pertunjukan yang memperlihatkan tingkat kecerdasan, keramahan, kesenangan dan keanggunan pada manusia. Lumba-lumba mampu berkomunikasi dengan baik melalui suara dan juga pulsa ultrasonik. Mereka bisa cepat belajar mengerti instruksi yang diberikan oleh pelatih. Kita tentu senang apabila melihat pertunjukkan lumba-lumba yang seru.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar