Close

Mengapa Lingkungan Alam Dikatakan sebagai Sumber Penghidupan bagi Makhluk Hidup

Tuhan YME menciptakan alam semesta sebagai tempat dimana kehidupan semua makhluk hidup berjalan. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan semuanya membutuhkan udara untuk bernapas, makanan untuk tumbuh, dan air untuk melancarkan pencernaan.

Dalam lingkungan alam tersedia semua hal yang dibutuhkan oleh mahluk hidup sehingga dikatakan sebagai sumber untuk penghidupan. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini, antara lain:

Alasan Lingkungan Alam Dikatakan sebagai Sumber Penghidupan bagi Makhluk Hidup

1. Alam memiliki semua kebutuhan mahluk hidup

Beberapa jenis tumbuhan merupakan sumber protein nabati bagi manusia. Sementara itu, beberapa jenis hewan adalah sumber protein hewani bagi manusia. Tumbuhan membutuhkan air agar tetap subur, dan hewan membutuhkan air dan makanan agar bisa tumbuh dan berkembang biak.

2. Manusia adalah mahluk sosial

Manusia merupakan mahluk sosial sehingga tujuan Tuhan YME menciptakan lingkungan alam adalah supaya manusia bisa berinteraksi dengan manusia lainnya. Manusia juga membutuhkan manusia yang lain agar bisa saling membantu satu sama lain.

3. Alam merupakan ekosistem mahluk hidup

Ekosistem adalah hasil pembentukan sistem ekologi dari hubungan secara timbal balik yang terjadi pada mahluk hidup bersama dengan lingkungan di sekitarnya. Ekosistem dimaknai juga sebagai tatanan dan kesatuan yang menyeluruh dan utuh pada setiap unsur pada lingkungan hidup karena saling mempengaruhi satu sama lain. Jika alam tidak terbentuk, maka sudah dipastikan tidak ada ekosistem mahluk hidup di dalamnya.

4. Alam tidak hanya berisi mahluk hidup saja

Lingkungan alam tidak hanya berisikan mahluk hidup saja, namun juga berisikan benda mati yang dibutuhkan oleh manusia. Contoh benda mati yang memiliki manfaat untuk kehidupan manusia adalah mobil, motor, meja, kursi, laptop, smartphone, TV, dan lain sebagainya. Tanpa adanya benda mati, manusia tidak bisa bekerja dan sekolah.

5. Ada pergantian pagi hingga malam

Tuhan YME menciptakan  pagi, siang, sore, dan malam hari bukan tanpa alasan. Setiap mahluk hidup membutuhkan waktu untuk tidur di malam hari dan beraktifitas pada pagi hingga sore hari kecuali beberapa hewan yang beraktifitas saat malam hari dan tidur saat siang hari. Tidak ada mahluk hidup yang kuat untuk tidak tidur sehari penuh.

6. Matahari dibutuhkan oleh mahluk hidup

Sinar matahari dan juga karbondioksida dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintesis. Dari hasil fotosistesis tersebut, tumbuhan menghasilkan oksigen dan membuat udara di alam menjadi sejuk dan segar. Tentu saja udara segar dibutuhkan oleh setiap mahluk hidup agar bisa bernafas dengan lega.

7. Alam memiliki cuaca yang dibutuhkan mahluk hidup

Pada musim hujan, air hujan bisa membantu tanaman tumbuh subur. Sementara itu, musim kemarau bisa membantu para nelayan agar bisa berlayar mencari ikan di tengah laut tanpa takut akan hujan yang datang secara deras.

Tinggalkan komentar