Close

Mengapa Letak Geografis Indonesia Sangat Menguntungkan

Letak geografis Indonesia berada di persilangan antara Benua Asia dan Benua Australia. Selain itu juga berada diantara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik.

Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim karena terdiri dari negara kepulauan, kondisi geografisnya membawa pengaruh pada kondisi alam dan juga keadaan dari penduduknya. Mengapa letak geografis Indonesia bisa dikatakan strategis dan menguntungkan?   

Alasan Mengapa Letak Geografis Indonesia Sangat Menguntungkan

1. Berbatasan langsung dengan negara tetangga

Indonesia secara langsung berbatasan darat dengan Negara Malaysia di sebelah utara tepatnya di Pulau Kalimantan. Berbatasan dengan Papua Nugini di bagian Timur dan berbatasan dengan Timor Leste di bagian Selatan tepatnya di pulau Nusa tenggara. Indonesia juga berbatasan dengan negara di bagian lautnya yaitu Laut Cina Selatan dan Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di bagian timur.

2. Interaksi dan kerjasama dengan negara lain

Negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga membuat Bangsa Indonesia menjadi negara yang terbuka. Letak geografis yang strategis ini membuat interaksi Indonesia di bidang kerjasama dengan negara lain terjalin dengan baik. Adanya kerjasama yang baik membantu proses pertumbuhan dan perkembangan bangsa.

3. Beragam Suku, Agama dan Budaya

Di dalam negeri letak geografis Indonesia juga menguntungkan karena sebagai negara kepulauan Negara Indonesia memiliki ribuan pulau yang terpisah dengan adanya laut dan selat. Kondisi tersebut membuat Bangsa Indonesia memiliki beragam Suku, Agama, Bahasa, Budaya Daerah, yang berbeda. Keberagaman ini dikenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Adanya keragaman ini menjadi daya tarik tersendiri di mata negara lain.

4. Negara Maritim membuat dunia Perkapalan Indonesia tidak pernah sepi

Sejak jaman dahulu Indonesia adalah negara maritim yang dilalui berbagai kapal dagang. Sampai sekarang berbagai kapal dagang dari negara mengarungi pelabuhan dan laut Indonesia. Transportasi lautnya tetap masih eksis sampai sekarang. Kegiatan ekspor dan impor menjadi lebih mudah dengan adanya jalur transportasi laut ini, sehingga roda perekonomian pun terus berjalan.

5. Laut Indonesia kaya akan hasil laut

Data dari FAO letak geografis Indonesia karena berada diantara dua samudra membuat laut Indonesia memiliki keragaman hayati yang melimpah. Indonesia menjadi penghasil ikan tuna dan rumput laut terbesar di dunia. Selain itu hasil kepiting dan udangnya pun masuk menjadi terbesar kedua setelah Cina. Potensi minyaknya pun sampai 70% besarnya.

6. Menjadi Negara Agraris

Kekayaan maritim Indonesia juga menjadikan bangsa ini sebagai negara agraris yang menghasilkan ekspor berupa kopi, rempah-rempah, minyak kelapa sawit, karet, bahan obat-obatan herbal dan lainnya. Letak geografis Indonesia yang strategis menguntungkan dalam proses distribusi hasil pertaniannya.

7. Negara tropis dengan dua musim

Letak geografis Indonesia memberikan keuntungan karena menjadikan negara Indonesia sebagai negara tropis yang punya dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada bulan Oktober-April angin bertiup dari Benua Asia ke Benua Australia membawa uap air dari Samudra Pasifik dan mengakibatkan musim hujan. Sedangkan pada bulan April ke Oktober angin bertiup sebaliknya dan membawa sedikit uap air  mengakibatkan musim kemarau.

Tinggalkan komentar