Mengapa Letak Ekonomis Indonesia Kedudukannya Sangat Baik

Letak ekonomis adalah letak negara yang dinilai dari kehidupan aspek ekonomi serta jalur terhadap negara lain. Letak ekonomis sangat berpengaruh terhadap siklus perekonomian suatu negara jika dimanfaatkan dengan baik.

Hal itu bisa membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan yang menguntungkan. Begitu pun dengan negara lain yang ingin memenuhi pasokan kebutuhan lewat jalur tersebut.

Alasan Mengapa Letak Ekonomis Indonesia Kedudukannya Sangat Baik

1. Pusat Lalu Lintas Perdagangan

Indonesia yang terletak diantara Australia dan Asia menjadi keuntungan sebagai pusat lalu lintas perdagangan. Letak ini memungkinkan negara tersebut menjalin kerja sama dalam bidang perdagangan yang saling menguntungkan. Jika perekonomian antar negara yang melewati jalur itu bisa berkembang baik maka rakyat juga makmur. Sehingga letak ekonomis ini sangat menguntungkan untuk Indonesia.

2. Pasar Dunia

Letak ekonomis Indonesia dapat memungkinkan menjadi pusat pasar dunia karena beberapa negara banyak yang menanam modal. Hal itu sudah terjadi sejak lama karena letak ini cukup strategis dilintasi oleh negara industri. Keuntungan yang diperoleh setiap negara tentu membuat modal semakin berkembang. Jadi letak ekonomis cukup berpengaruh terhadap pasar dunia termasuk Indonesia.

3. Hasil Pertanian

Beberapa negara tetangga yang tidak mempunyai hasil pertanian cukup banyak membutuhkan bantuan pasokan dari Indonesia. Apalagi hasil panen yang ada di Indonesia sangat banyak terutama rempah-rempah yang jarang tumbuh di negara lain. Perdagangan hasil pertanian diketahui mampu memberikan keuntungan cukup besar. Negara tetangga banyak yang sudah kerja sama dalam perdagangan ini.

4. Posisi Silang

Letak ekonomis negara Indonesia dikenal sangat strategis karena berada pada posisi silang. Dua benua dan dua samudera menjadikan negara tersebut dijadikan salah satu jalur untuk perdagangan dunia. Beberapa negara yang melintasi jalur ini melakukan jual beli barang pasokan yang dibutuhkan. Selain menambah devisa, hal itu juga berguna untuk mempererat hubungan baik antar negara.

5. Hasil Pertambangan

Hasil tambang Indonesia cukup banyak dan sering dijadikan produk jual beli dalam pasar dunia. Apalagi hasil pertambangan diketahui mempunyai kualitas tinggi yang sering menjadi incaran negara lain. Letak ekonomis membuat Indonesia lebih mudah dalam melakukan transaksi jual beli tersebut.

6. Interaksi Ekonomi

Interaksi ekonomi yang dilakukan Indonesia dengan negara tetangga diketahui mampu membentuk kerja sama yang baik. Perekonomian berjalan lancar karena letak ekonomis yang dimiliki Indonesia. Sehingga antara Indonesia dengan beberapa negara tersebut diketahui saling menguntungkan.

7. Jalur Pelayaran

Letak ekonomis juga membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran yang dilalui negara industri. Jalur pelayaran itu membuat transaksi perdagangan dalam pasar dunia berlangsung lebih mudah. Bahkan jalur tersebut membuat negara industri dapat bertukar komoditas yang diperjualbelikan oleh negara lain.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close