Mengapa Laron Melepaskan Sayapnya

Laron adalah jenis serangga yang akan melepaskan sayapnya setelah mengelilingi sinar lampu atau cahaya. Hewan yang masuk dalam siklus hidup rayap ini masuk dalam kasta repoduktifnya dimana tugas mereka adalah bereproduksi atau berkembang biak. Lantas, Mengapa laron akan melepaskan sayapnya setelah mengelilingi cahaya?

Alasan Laron Melepaskan Sayapnya

1. Bagian dari silkus hidup rayap

Siklus hidup rayap dimulai dari telur yang kemudian menjadi nimfa, lalu berkembang menjadi 3 kasta yaitu reproduksi, pekerja dan prajurit. 3 kasta ini memiliki peranan masing-masing. Pada tahap kasta reproduksi terdapat sayap yang kita kenal dengan sebutan laron yang tugas utamanya adalah untuk berkembang biak.

2. Melepaskan sayap tanda siap kawin

Alasan mengapa laron melepaskan sayapnya adalah karena laron sudah memasuki masa siap kawin dengan pasangannya. Nantinya laron akan membentuk sarang untuk menetaskan telur mereka dan membentuk koloni baru.

3. Tujuan laron terbang untuk bisa melepaskan sayapnya

Berbeda dengan burung atau hewan bersayap lain yang terbang untuk mencari makan, laron justru akan terbang secara berkelompok atau terbang acak untuk bisa melepaskan sayapnya. Terbang merupakan cara yang mereka gunakan untuk menggoyang-gogoyangkan tubuh supaya sayap bisa segera lepas.

4. Berjalan beriringan untuk mencari sarang

Setelah berhasil melepaskan sayapnya laron jantan dan betina akan berjalan secara beriringan untuk mencari sarang yang tepat sebagi tempat menetaskan telurnya. Ketika berjalan laron betina sebagai seorang calon ratu akan berjalan di depan sedangkan laron jantan atau calon raja akan berjalan di belakang laron betina. Setelah mendapatkan sarang yang sesuai mereka akan mulai menetaskan telur dari laron betina hingga menjadi satu koloni baru.

5. Tidak semua mendapatkan pasangan

Dalam masa perkawinan ini tidak semua laron akan mendapatkan pasangannya. Mereka yang gagal melepaskan sayapnya dan mendapat pasangan ketika pagi tiba maka akan mati. Siklus hidup laron ini memanglah cukup singkat karena hanya laron yang bisa menemukan pasangannya sebelum pagi yang akan bertahan hidup.

6. Laron adalah serangga yang tidak bisa melihat dan mendengar

Fakta unik tentang laron selanjutnya adalah ternyata laron ini serangga yang tidak bisa melihat dan mendengar. Lalu mengapa mereka suka terbang mengelilingi cahaya?. Meskipun tidak bisa melihat dan mendengar namun laron memiliki kemampuan untuk membuat sarang dengan konstruksi yang rumit.

7. Ratu laron dalam sehari bisa menghasilkan 30 ribu butir telur

Setelah masa kawin antara laron tadi mereka kembali menjadi rayap. Laron betina akan menjadi Ratu Rayap dimana semua kebutuhannya akan diurus oleh rayap pekerja. Sedangkan yang berbadan besar akan bertugas menjadi prajurit untuk melindungi koloni dari musuh.

Ratu bertugas untuk bertelur sebanyak-banyaknya. Dalam sehari ratu rayap bisa menghasilkan 30 ribu telur yang kemudian telur-telur ini akan memasuki proses pertumbuhan hingga dewasa dan menjadi kasta-kasta yaitu pekerja, reproduksi dan prajurit.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar