Mengapa Kucing Tidak Mengeluarkan Suara Saat Berjalan

Kucing memiliki keunikan tersendiri sebagai hewan peliharaan. Selain tingkah yang menggemaskan ternyata kucing memiliki keunikan yang lain yaitu ketika berjalan tidak mengeluarkan suara.

Kalian sadar tidak jika kucing tidak menimbulkan suara ketika berjalan jadi kita seakan dibuat kaget karena tiba-tiba saja ada kucing dekat kita. Mengapa demikian?

Alasan yang Membuat Kucing Tidak Mengeluarkan Suara Saat Berjalan

1. Kucing adalah pemangsa tunggal

Sebagai hewan pemangsa tunggal dalam mendekati mangsanya kucing akan sangat berhati-hati dan penuh perhitungan supaya mangsanya tidak mengetahui keberadaan kucing. Ketika sudah menetapkan target mangsa kucing akan berusaha sekuat tenaga dan tidak akan melepaskannya.

2. Menggunakan jari kaki untuk berjalan

Ketika masih anakan kucing mendapatkan pelatihan berburu dari induknya antara lain cara bersembunyi, mendekati musuh perlahan-lahan sampai kapan waktunya untuk mengambil tindakan. Dalam hal mendekati musuh ini kucing akan berjalan layaknya penari balet yaitu dengan cara menggunakan jari kakinya untuk berjalan.

3. Bantalan yang terdapat di jari kaki membuatnya lebih stabil

Meskipun menggunakan jari kaki atau seperti berjinjit tetapi kucing tidak jatuh karena mereka memiliki tingkat keseimbangan yang baik. Bantalan di jari-jari kakinya ini digunakan untuk menyembunyikan kuku kucing sehingga ketika berjalan kucing tidak ada menimbulkan bunyi.

4. Tidak menimbulkan kegaduhan

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang dianggap paling berisik ketika mengeong. Hewan peliharaan yang satu ini memang terkenal aktif dengan suaranya yang berisik bahkan sampai mengganggu. Namun berbeda cerita ketika kondisinya sedang baik-baik saja karena kucing akan terlihat santai dan sering keluyuran. Ketika berjalan kucing tidak akan membuat gaduh dan cenderung tenang.

5. Supaya tidak diketahui musuh

Ketika berjalan kucing tidak mengeluarkan suara bukan hanya untuk mengecoh lawannya tapi juga untuk menghindari musuh. Dasarnya kucing adalah hewan peliharaan yang aktif ketika dipertemukan dengan musuh ia akan berbalik menjadi panik dan gaduh. Itu kenapa supaya dirinya tetap aman dari serangan musuh ketika berjalan kucing tidak akan menimbulkan suara.

6. Telapak kaki kucing yang sensitif

Telapak kaki kucing memiliki jumlah saraf yang banyak dan hal itu menjadikan telapak kaki kucing menjadi sangat sensitif. Telapak kaki kucing ini membantu kucing untuk tetap stabil, reseptor atau memberikan informasi mengenai tekstur, getaran dan tekanan pada suatu benda. Tebalnya bantalan telapak kaki pada kucing ini merupakan peredam suara dan kejut sehingga ketika melompat atau berjalan kucing tidak mengeluarkan bunyi.

7. Kaki kucing menjadi alat grooming

Kita tentu sering melihat kucing yang menggunakan kakinya untuk membersihkan area kotor yang sulit dijangkau seperti belakang telinga, wajah dan lainnya kan. Kebiasaan ini ternyata membuat kaki kucing jadi multifungsi dan bisa berperan dinamis.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar