Mengapa Kucing Tidak Mengalami Metamorfosis

Siklus tubuh hewan berdasarkan perubahan bentuk tubuhnya dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis dan tidak metamorfosis. Metamorfosis yaitu siklus hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk selama hidupnya dari larva menjadi hewan dewasa.

Kucing masuk dalam kategori hewan yang tidak mengalami metamorfosis artinya kucing tidak mengalami perubahan bentuk tubuh selama hidupnya. Mengapa kucing tidak mengalami metamorfosis?

Alasan Kucing Tidak Mengalami Metamorfosis

1. Kucing hewan mamalia

Kucing adalah hewan mamalia yang tidak mengalami metamorfosis karena kucing masuk dalam keluarga hewan mamalia yang melahirkan dan menyusui anak anaknya. Dalam pertumbuhannya kucing tidak mengalami perubahan bentuk.

2. Kucing berkembang biak secara melahirkan

Kucing mengandung anaknya selama 2-3 bulan lamanya setelah itu anaknya akan lahir. Selama masa pertumbuhan anak kucing mendapatkan makanan dari menyusu induknya. Baru setelah mulai besar anak kucing bisa makan makanan lain.

3. Mengalami pertumbuhan namun tidak perubahan

Kucing mengalami pertumbuhan dalam hidupnya yaitu pertambahan besar, kelebatan bulu, dan lainnya. Sedangkan hewan yang bermetamorfosis yaitu hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya seperti kupu-kupu.

4. Bentuk tubuh dari dilahirkan sama dengan induknya

Hewan yang tidak mengalami metamorfosis dalam siklus hidupnya hanya mengalami perubahan ukuran. Dari dilahirkan sampai dewasa bentuk tubuhnya tidak akan berubah. Kucing begitu dilahirkan bentuk tubuh dan bulunya sama dengan bentuk tubuh induknya. Beranjak dewasa bentuk tubuhnya ini hanya akan mengalami perubahan ukuran saja dari yang kecil menuju besar.

5. Metamorfosis perubahan dari larva menuju hewan dewasa

Hewan yang mengalami metamorfosis memiliki siklus hidup dari telur menjadi larva, kemudian pupa atau kepompong lalu menjadi hewan dewasa. Dalam siklus hidupnya ini terjadi perubahan yang signifikan pada bentuk tubuhnya.

6. Kucing tidak ada hormon pemicu metamorfosis

Hewan yang mengalami metamorfosis salah satu faktornya karena dipicu dengan perubahan hormon yang kemudian dilepaskan sebagai tanda tepat untuk pendekatan metamorfosis. Ada juga hormon cascade yaitu hormon pemicu yang bisa menyebabkan pelepasan hormon lainnya pada bagian tubuh hewan. Hormon ini yang menyebabkan perubahan drastis pada fungsi sel yang ada.

7. Persaingan makanan

Anakan kucing ketika sudah lepas menyusu dari induk nya akan mencari makan yang sama dengan makanan indukannya. Hal ini membuat terjadinya persaingan antara kucing muda dan kucing tua. Berbeda dengan hewan yang mengalami proses metamorfosis karena calon anakan yang belum mencapai tingkat dewasa akan memakan makanan yang berbeda dengan hewan yang sudah dewasa.

8. Umur kucing 2-20 tahun

Kucing memiliki umur yang panjang. Masa kehamilan berlangsung selama 2-3 bulan dilanjutkan masa hidup yang bisa sampai 2-20 tahun lamanya. Sedangkan hewan yang mengalami metamorfosis memiliki siklus hidup yang pendek seperti kupu-kupu yang hanya bertahan hidup 15-29 hari dari telur hingga kematiannya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar