Mengapa Kucing Suka Makan Ikan

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan, hal ini membuat banyak sekali orang yang menjadikan kucing sebagai teman bermain di rumah. Saat anda ditanya apa makanan paling disukai oleh kucing maka jawabannya pasti ikan, namun pernahkah anda memikirkan alasan kenapa kucing sangat menyukai ikan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak 7 alasan kenapa kucing menyukai ikan berikut ini.

Alasan Kenapa Kucing Menyukai Ikan

1. Sering Diberi Sisa Makanan yang Ada Ikannya

Alasan yang paling pertama dikarenakan kucing sering memakan sisa makanan manusia yang ada ikannya. Hal ini yang membuat kucing akhirnya juga menyukai ikan dan hafal bau ikan, maka dari itu jika dia tidak mencium bau ikan pada makanannya biasanya nafsu makan dari si kucing akan turun.

2. Pengetahuan Manusia yang Mengatakan Bahwa Kucing Suka Ikan

Alasan yang paling mendasar adalah pengetahuan manusia itu sendiri yang mengatakan bahwa kucing menyukai ikan. Pengetahuan ini sudah mendarah daging walaupun kebenarannya belum terbukti 100 persen benar, secara logika saja bagaimana bisa seekor hewan yang tidak menyukai air (kucing) bisa memasukan ikan yang hidup di air sebagai makanan favoritnya.

Sebenarnya ikan ini makanan favorit manusia, namun karena manusia tidak mau repot lagi mencari makanan lain untuk diberikan kepada hewan peliharaannya (termasuk kucing) maka ikan sisa akan diberikan kepada kucing juga. Setelah melihat kucing yang sangat lahap memakan ikan membuat manusia menyimpulkan bahwa ikan merupakan makanan yang disukai oleh kucing.

3. Kebiasaan

Alasan selanjutnya kenapa kucing menyukai ikan adalah sudah menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang dimaksud ini bermacam-macam, mulai dari kebiasaan kucing yang sering memakan ikan sehingga menyukai ikan atau bisa juga karena kebiasaan manusia yang menetapkan ikan sebagai makanan yang disukai oleh kucing.

4. Mudah Didapat Oleh Manusia

Alasan berikutnya ini lebih kepada perilaku manusia sebagai pemilik dari kucing. Karena ikan mudah didapat oleh manusia dan merupakan salah satu makanan favorit manusia maka ikan juga akan diberikan kepada kucing.

5. Kandungan Taurin Pada Ikan

Kucing merupakan hewan karnivora yang tidak bisa memproduksi taurin sendiri. Taurin merupakan zat yang bisa mengatur detak jantung, pencernaan, reproduksi serta penglihatan. Untuk mendapatkan kandungan taurin yang cukup maka kucing harus mengkonsumsi ikan yang memiliki taurin di dalam tubuhnya.

6. Bau Ikan

Karena sering mengkonsumsi ikan membuat kucing akan langsung mengenal ikan dari baunya. Bahkan kadang ada beberapa orang yang sengaja mencampurkan nasi dengan ikan agar kucing bisa lebih banyak makan.

7. Sejarah Kucing

Menurut catatan sejarah orang Mesir merupakan manusia pertama yang memelihara kucing. Salah satu cara membujuk kucing agar mau ke rumah orang mesir biasanya dilakukan dengan menawarkan ikan kepada kucing, hal ini yang kemudian membuat kebanyakan orang beranggapan bahwa kucing menyukai ikan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar