Mengapa Kucing Muntah Kuning dan Tidak Mau Makan

Salah satu permasalahan kesehatan yang cukup sering menjadi momok bagi para pemilik kucing saat ini adalah muntah kuning yang diikuti dengan nafsu makan yang menurun.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa penyebab kucing kesayangan anda bisa muntah kuning dan tidak mau makan.

7 Penyebab Kucing Kesayangan Anda Muntah Kuning dan Tidak Mau Makan

1. Keracunan

Penyebab pertama kucing anda muntah kuning dan tidak mau makan adalah keracunan. Keracunan ini terjadi karena beberapa faktor mulai dari makanan, lingkungan yang kurang sehat, hingga benda yang sering masuk ke mulut si kucing. Untuk menghindari keracunan ini sebaiknya kasih makan kucing anda makanan yang jelas dan jauhkan dari benda-benda berbahaya seperti pestisida.

2. Terlalu Cepat Makan

Penyebab selanjutnya adalah terlalu cepat makan. Permasalahan seperti ini sering terjadi, dimana ketika kucing mulai mengeong kebanyakan orang beranggapan bahwa kucing tersebut lapar dan meminta makan. Hal ini memang kadang benar namun tidak semua tanda yang diberikan oleh kucing berarti dia lapar, bisa saja dia hanya ingin bermain.

Jika anda memberikan makanan dalam jangka waktu yang terlalu cepat kepada kucing bisa dipastikan kucing kesayangan anda akan memuntahkannya. Ini dikarenakan perut si kucing sudah kenyang namun dipaksakan untuk makan lagi, maka sebagian makanan akan dikeluarkan dalam bentuk muntahan.

3. Salah Memberi Makanan

Salah satu penyebab paling umum kucing muntah adalah salah memberikan makanan. Kucing memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif dimana bisa membuatnya cepat muntah jika ada makanan yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Contoh beberapa jenis makanan yang tidak seharusnya diberikan kepada kucing adalah tulang yang kemungkinan membahayakan organ dalam hingga susu sapi yang tidak bisa dicerna oleh tubuh kucing.

4. Memakan Benda Asing

Kucing merupakan hewan yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, dimana hal tersebut membuatnya sering memasukan benda asing ke dalam mulutnya. Ternyata hal tersebut juga bisa menjadi penyebab kenapa kucing muntah-muntah karena tubuh kucing menolak benda tersebut.

5. Penyakit

Penyakit merupakan penyebab paling umum kenapa kucing bisa muntah kuning dan tidak mau makan, beberapa penyakit yang dimaksud adalah IBD, enteritis, pankreatitis, dan kolitis. Jika sudah seperti ini maka segera bawa kucing anda ke dokter hewan untuk diperiksa.

6. Infeksi Bakteri

Penyebab dari muntahan kucing berwarna kuning selanjutnya adalah infeksi bakteri, beberapa gejala infeksi bakteri bisa dilihat dengan hilangnya nafsu makan, lemas, mencret dan muntah. Untuk mencegah infeksi bakteri ini bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih hingga memberikan makanan dan minuman yang sehat kepada kucing.

7. Pergantian Makanan

Penyebab terakhir kucing muntah kuning dan malas makan adalah pergantian makanan. Kucing kesayangan anda pasti sudah memiliki makanan yang dikhususkan untuknya, tetapi jika tiba-tiba anda mengganti makanan tersebut maka tubuh kucing akan menolaknya karena dianggap benda asing.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar