Close

Mengapa Kucing Mendengkur Saat Dielus

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia bahkan hingga keluar negeri, banyak sekali jenis kucing yang bisa dipelihara di rumah anda.

Namun tahukah anda bahwa ketika seekor kucing mendengkur saat dielus itu menandakan beberapa hal, berikut adalah 7 tanda saat kucing mendengkur.

7 Tanda Kucing Mendengkur Saat Dielus

1. Menyukai Elusan

Kebanyakan orang akan beranggapan bahwa kucing akan mendengkur ketika dielus kepalanya, hal ini memang benar adanya. Ternyata ketika seekor kucing mengeluarkan suara dengkuran saat dielus kepalanya itu menandakan bahwa kucing menyukai elusan yang diberikan kepadanya.

2. Mengenali Siapa yang Mengelusnya

Kucing juga akan mengeluarkan suara dengkuran ketika tidak mengenali siapa yang mengelusnya. Secara bersamaan kucing juga mencoba mengenali orang tersebut melalui baunya kemudian secara perlahan akan membuat kucing menikmati elusan tersebut.

3. Bahagia

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa seekor kucing akan menyukai elusan yang diberikan kepadanya, dimana hal tersebut ditandai dengan suara dengkuran yang dihasilkan. Ternyata suara dengkuran itu juga menandakan suasana hati bahagia dari kucing yang kemudian juga mengasosiasikan dengkuran tersebut dengan interaksi positif bersama anda selaku majikan kucing.

4. Menandakan Kondisi Tubuh yang Kurang Sehat

Dengkuran pada kucing juga bisa sebagai pertanda bahwa kondisi tubuh si kucing sedang tidak baik-baik saja atau sedang sakit. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh kucing yang sudah terlalu lemah sehingga untuk mengeong saja tidak bisa dilakukan lagi, oleh sebab itu kucing akan lebih memilih untuk mendengkur.

5. Mengobati Diri Sendiri

Ternyata dengkuran kucing juga bisa mengobati dirinya sendiri loh. Sebagai contoh jika anda pernah mendengar kucing mendengkur setelah melahirkan itu karena dia sedang mengobati dirinya sendiri sekaligus sedang mengendalikan rasa sakit yang diterima setelah selesai melewati proses melahirkan.

Menurut penelitian para ahli ketika kucing mendengkur ada frekuensi yang dihasilkan untuk merangsang penyembuhan terlebih di bagian tulang dan tendon. Hal tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, membangun otot, memudahkan pernapasan serta beberapa manfaat kesehatan lainnya.

6. Tanda untuk Membimbing Anaknya

Dengkuran kucing juga bisa digunakan untuk pertanda kepada anaknya. Sebagai contoh ketika seekor kucing selesai melahirkan maka dia akan mendengkur untuk memberikan tanda kepada anaknya dimana letak induknya. Hal ini dikarenakan kucing yang baru lahir tidak bisa langsung melihat jadi untuk memberikan susu pertama kepada anaknya si induk harus mendengkur agar anaknya tahu dimana lokasi induknya.

7. Menenangkan Diri

Jika anda pernah ke tempat penampungan hewan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis hewan peliharaan termasuk kucing, maka anda akan mendengarkan dengkuran kucing dimana-mana. Hal ini dikarenakan kucing sedang melakukan pengendalian diri dengan mengurangi stres akibat berada di tempat yang asing serta tidak dikenalnya.

Tinggalkan komentar