Mengapa Kucing Makan Rumput

Kucing merupakan salah satu hewan menggemaskan. Tingkah akunya yang lucu membuat banyak orang memilih untuk memeliharanya. Namun terkadang ada beberapa hal tidak biasa yang dilakukan kucing. Misalnya sengaja memakan rumput.

Hewan lucu ini merupakan pemakan daging atau karnivora sehingga memakan rumput bukanlah kesukaannya. Meski begitu ada fakta menarik dari kucing yang memakan rumput.

Mengapa Kucing Makan Rumput? Temukan 7 Alasannya Berikut

1. Menghilangkan makanan yang tidak bisa dicerna

Ada alasan ketika kucing memakan rumput. Salah satunya yakni untuk menghilangkan makanan yang tidak bisa dicerna. Mengingat anabul kerap mengonsumsi makanan secara sembarang tentu membuat beberapa makanan sulit dicerna. Maka dari itu serat dari rumput dibutuhkan untuk mencerna makanan penghambat tersebut.

2. Membantu melancar sembelit

Siapa sangka bahwa rumput memberikan efek yang baik bagi kucing. Efek positif yang didapat ketika mengonsumsi rumput dengan kadar yang cukup adalah membantu memperlancar sembelit. Serat pada rumput membuat permasalahan pencernaan dapat segera di hilangkan. Meski begitu tidak semua tanaman bisa dikonsumsi. Apalagi dilarang keras untuk memberi rumput yang sudah terkena peptisida.

3. Membantu mengatasi sakit perut

Tidak hanya manusia, kucing pun dapat mengalami sakit perut. Terutama jika memakan sesuatu yang tidak biasa. Misalnya tidak sengaja memakan hewan berbulu atau rambut tentu membuat kondisi perut sakit. Untuk itu kadang kala akan terlihat kucing memakan rumput lalu memuntahkannya. Tujuan dilakukan tersebut agar mengobati perutnya yang sakit.

4. Rumput mengandung asam folat

Rumput mengandung zat yang baik untuk kucing. Misalnya adalah asam folat yang amat dibutuhkan. Fungsi asam ini penting untuk membantu pencernaan anabul. Adapun peredaran akan lebih terbantu dengan mengonsumsi rumput dengan jumlah yang tidak berlebihan. Maka dari itu jangan lagi larang kucing untuk sesekali konsumsi rumput.

5. Membutuhkan enzim nabati

Kucing tentu akan bosan bila hanya memakan makanan yang disediakan majikannya saja. Mak tidak salah kerap ditemui beberapa anabul suka memakan jenis makanan lain seperti rumput. Konsumsi tanaman ini cukup perlu demi mendapatkan enzim nabati yang cukup. Manfaat yang diperoleh sangat bagus untuk pencernaan anabul. Untuk itu kerap hewan lucu ini memakan untuk kemudian memuntahkannya kembali.

6. Obat alami anti gatal

Penyakit umum dari kucing ialah gatal. Gatal dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Misalnya berasal dari lingkungan yang kotor dan sebagainya. Nah melalui rumput ini bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal alami. Maka dari itu jangan khawatir bila mendapati hewan kesayangan sedang memakan rumput terutama ketika konsumsi rumput yang sehat atau segar.

7. Mengurangi stres

Mengonsumsi rumput bagi kucing juga baik untuk mengurangi rasa stres. Hal itu terbukti dengan beberapa jenis rumput yang membuat sikap kucing lebih aktif. Misalnya rumput valeria dan tumbuhan catnip. Dua tanaman ini merupakan favorit yang mana memberikan manfaat yang baik. Adapun Anda juga dapat menyediakan rumput gandum yang menyehatkan kucing.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar