Mengapa KPop Dikatakan Plastik

Kpop termasuk jenis aliran musik yang selama beberapa tahun terakhir semakin digandrungi oleh masyarakat internasional. Sayangnya, tidak semua orang menyukai KPop beserta idolanya sehingga tidak jarang memicu munculnya hinaan.

Muka plastik, misalnya, ini merupakan sebutan yang umum dilontarkan oleh para pembenci Kpop di Indonesia dan bahkan sudah menjadi suatu kelaziman bagi penggemarnya maupun orang awam. Inilah alasan yang mungkin melandasi munculnya istilah tersebut:

Alasan Mengapa KPop Dikatakan Plastik

1. Benci

Perasaan benci sangat mungkin menjadi alasan pertama mengapa masih ada saja orang yang menyebut idola KPop sebagai plastik. Ini bisa dimengerti karena namanya pembenci akan berusaha mencari cara bagaimana agar dapat menjatuhkan martabat dari subjek lain yang tidak disenanginya. Hal itu sudah menjadi rahasia umum dan terus berulang meskipun para penggemar KPop sudah berkali-kali memberikan respons yang tepat.

2. Iri

Idol KPop begitu digilai oleh banyak penggemar di seluruh dunia dan, Indonesia, pada dasarnya termasuk memiliki basis masa terbesar. Mereka sangat memuja para pelaku industri hiburan asal Korea Selatan sehingga tidak jarang memunculkan rasa iri dari pihak lain yang merasa tersaingi. Itulah mengapa muncul sebutan plastik agar membuat si penggemar sakit hati. Memang sedikit kekanak-kanakkan, tetapi ini nyata adanya.

3. Inferioritas

Perasaan iri dalam bentuk lain juga bisa muncul bersama rasa inferior, di mana pihak di luar idol KPop tidak bisa mendapatkan atensi serupa. Akibatnya, muncul inferioritas yang sulit dikendalikan, apalagi jika pihak tersebut merasa bergelut pada bidang yang sama, tetapi tidak dapat meraih kesuksesan sebagaimana idola asal Korea Selatan.

4. Maraknya operasi plastik

Korea Selatan merupakan negara dengan fasilitas operasi plastik yang sudah sangat umum. Ini bukan hal tabu dan hampir semua pelaku industri hiburan melakukannya, sedikit maupun banyak. Oleh oknum tertentu, kegiatan operasi plastik lantas menjadi semacam ajang hinaan kepada idol KPop yang biasanya di-branding nyaris sempurna.

5. Tidak memahami istilah operasi plastik

Ketidakpahaman terkait apa itu operasi plastik dan bagaimana prosedurnya tidak jarang juga menimbulkan sebutan yang kurang enak didengar. Ini terjadi di berbagai macam lingkungan, di mana masih ada yang berpikir bahwa operasi semacam itu melibatkan plastik. Konyol memang, tetapi nyata adanya dan sudah sering kali oleh para ahli di bidangnya berusaha untuk menjelaskan dengan baik tentang istilah tersebut.

6. Kurang kerjaan

Orang yang senang menyebut idol KPop sebagai produk plastik bisa juga karena kurang kerjaan. Singkatnya tidak ada hal menyenangkan lainnya di dalam hidupnya sehingga hanya terus berusaha menebar kebencian lewat media sosial, tempat di mana sebutan plastik sering muncul.

7. Pembuat kekacauan

Ada pula netizen yang sengaja menyerang idol Kpop dengan tujuan hanya senang melihat kerusuhan yang terjadi di antara sesama pengguna media sosial. Istilah ini biasanya mengacu pada tindakan trolling, di mana ada oknum yang memanfaatkan dunia digital untuk memperburuk keadaan emosional pihak lainnya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close