Mengapa Komodo Termasuk Hewan Langka

Komodo hewan endemik asal Indonesia merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Dikenal juga sebagai hewan prasejarah karena keberadaannya diprediksi sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Habitat asli hewan komodo berasal dari Pulau Komodo yang berada di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Seiring dengan perkembangan masa hewan komodo terus mengalami penurunan popularitas hal ini disebabkan oleh berbagai alasan sebagai berikut.

Alasan Komodo Termasuk Hewan Langka Yang Harus Dilindungi

1. Perubahan iklim yang sangat menakutkan

Perubahan iklim di bumi yang disebabkan oleh pemanasan global terjadi begitu dahsyat. Hampir semua lapisan bumi mengalami dampak dari pemanasan global ini. Naiknya permukaan air laut akan membuat penyusutan habitat Komodo dalam sebanyak 30% dalam jangka waktu 45 tahun mendatang.

2. Habitat yang hilang karena eksploitasi manusia

Terancam punahnya komodo juga dipengaruhi oleh faktor manusia, dimana manusia melakukan eksploitasi secara besar-besaran terhadap habitat asli komodo sehingga komodo sulit mendapatkan habitat untuk berkembang biak dengan baik.

3. Kurangnya pasokan makanan secara alami

Berkurangnya pasokan makanan alami dari komodo seperti ikan tuna di laut menjadi salah satu alasan kelangkaan komodo. Secara alami kelangkaan makanan ini terjadi karena perubahan iklim dan eksploitasi sumber daya oleh manusia.

4. Komodo enggan untuk pindah ke daerah lain

Komodo adalah spesies kadal terbesar yang masih ada sampai saat ini. Mereka jenis hewan yang bukannya tidak bisa menjelajah daerah lain akan tetapi mereka enggan melakukannya. Dalam penelitian yang dilakukan selama hampir satu dekade ditemukan bahwa komodo tidak pernah meninggalkan daerah kelahirannya sepanjang hidup.

5. Tidak bisa beradaptasi dengan daerah baru

Komodo enggan untuk berpindah tempat, hal ini disimpulkan dari sebuah penelitian yang memindahkan beberapa komodo di tempat lain, dari hasil penelitian itu didapatkan bahwa komodo yang berada di tempat baru tersebut mengalami berbagai masalah seperti tidak bisa berkembang biak atau kawin dengan komodo asli daerah tersebut, tidak bisa menemukan mangsa untuk makananya.

6. Komodo bisa jadi kanibal memakan komodo lainnya yang lebih muda

Komodo termasuk hewan karnivora pemakan daging. Makanan komodo seperti kuda, rusa, kerbau, babi dan ikan. Komodo juga bisa bertindak menjadi kanibal dengan memakan komodo lain yang masih muda. Umumnya komodo yang masih muda akan tinggal diatas pohon untuk menghindari bahaya predator dan bahaya dari komodo lain yang lebih tua untuk bisa bertahan hidup.

7. Perlu habitat yang ideal

Komodo perlu tempat yang ideal untuk bisa bertahan hidup. Syarat habitat komodo yang ideal adalah cukup persediaan air, banyak pohon yang rindang, di lingkungan yang aman, dan adanya stok makanan yang berlimpah. Karena perlu habitat yang ideal ini apabila kondisi lingkungan berubah akan berdampak besar pada perkembagbiakan komodo.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar