Mengapa Kita Tidak Boleh Menghina Agama Lain

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan serta peribadatan umat atau hamba kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di Indonesia kita mengenal ada beberapa agamanya yang diakui sebagai agama resmi negara yaitu Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu.

Meskipun terdiri dari beragam agama kita sebagai warga negara negara yang baik harus senantiasa menjaga toleransi antar umat beragama dengan tidak menghina agama lain.

Alasan Kita Tidak Boleh Menghina Agama Lain

1. Ada banyak agama untuk belajar saling menghormati

Selain beberapa agama yang ada di Indonesia, di belahan bumi lain masih banyak agama-agama lain yang ada. Keberagaman agama ini menjadi pelajaran untuk kita supaya bisa belajar saling menghormati perbedaan akan keyakinan yang ada. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil ketika individu mau belajar menghargai perbedaan antar umat beragama.

2. Melanggar semboyan negara

Ketika seseorang menghina agama lain, berarti orang tersebut telah melanggar semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

3. Menjaga perdamaian dan rasa tentram

Toleransi mengajarkan kita untuk tidak memandang perbedaan sebagai sebuah jurang pemisah tetapi sebuah senjata untuk menjadi lebih kuat. Dengan kita tidak menghina agama lain berarti kita telah ikut aktif menjaga perdamaian baik itu di tingkat terkecil yaitu keluarga maupun di tingkat luas seperti negara. Pada dasarnya manusia itu menyukai kedamaian dan rasa tentram jadi mengapa harus digaduhkan dengan perselisihkan saling menyenggol agama.

4. Mendapat balasan berupa dosa

Menghina agama lain berarti kita telah berbuat suatu kejahatan dimana bisa jadi menyinggung perasaan umat agama lain. Dalam ajaran agama apabila kita telah berlaku jahat maka kelak akan mendapatkan balasan berupa dosa. Tentunya sebagai umat beragama kita tidak mau hidup di dunia hanya untuk menumpuk dosa bukan.

5. Dimusuhi atau bahkan dibenci orang lain

Orang yang intoleran mendapat pandangan buruk dimata masyarakat karena dianggap sebagai sumber keributan. Orang yang menghina agama lain bukan hanya tidak disukai oleh orang yang agamanya dihina tetapi juga oleh masyarakat sekitarnya.

6. Menimbulkan masalah lain

Ketika seseorang menghina agama lain, penganut agama yang dihina bisa saja tidak terima dan berbalik menghina agama orang tersebut. Akibatnya akan ada perbedaan yang lebih besar memicu keributan lainnya.

7. Merusak diri sendiri

Menanamkan rasa benci atau tidak suka terhadap sesuatu justru akan membuat kerusakan pada diri sendiri. Mengapa? Karena waktu, tenaga, pikiran akan terkuras untuk memikirkan berbagai macam alasan supaya opini, argumen atau pendapat mengenai hal yang membuat tidak suka itu diterima banyak orang. Rasa benci akan mempersempit hati dan merusaknya dengan pengaruh-pengaruh negatif yang ditanamkan.

8. Tindakan yang dibenci Tuhan

Menghina agama lain merupakan suatu tindakan yang tercela karena menuruti hawa nafsu untuk berkata, berperilaku dan berbuat yang merugikan orang lain. Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menghina atau pun membenci agama lain karena pada dasarnya setiap agama mengajarkan perdamaian dan cinta kasih.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar