Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan Langka

Hewan langka merupakan spesies hewan yang sudah sulit ditemukan keberadaannya, populasinya terus mengalami penurunan setiap tahun sehingga perlu dilindungi supaya keberadaanya tidak punah.

Selain itu keberadaan hewan langka ini terancam secara alami dan juga akibat ulah pemburu liar. Lantas, Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?

7 Alasan kita perlu melestarikan hewan langka

1. Untuk menjaga supaya tidak punah

Indonesia terkenal dengan keragaman flora dan faunanya namun akibat ulah eksploitasi sumber daya dan perubahan iklim membuat keberadaan flora dan fauna ini terancam, tidak sedikit spesies dari hewan langka yang sudah punah, masalah ini tidak hanya terjadi di Indonesia namun di semua negara juga mengalaminya. Contohnya paling extream adalah kepunahan hewan dinosaurus yang tidak bisa beradaptasi dengan perubahan iklim yang ada.

2. Mengembangkan keragaman

Melestarikan hewan langka adalah tidak hanya menjaganya supaya tidak punah tetapi juga supaya populasinya bertambah. Itu kenapa ada penangkaran khusus bagi hewan-hewan langka ini yang diharapkan bisa terus beregenerasi. Contohnya pendirian suaka marga satwa, penangkaran hewan, taman nasional dan lainnya.

3. Menjaga keseimbangan ekosistem alam

Alam merupakan hamparan luas yang dihuni oleh semua makhluk hidup, tidak hanya manusia ada juga hewan dan tumbuhan. Melestarikan hewan langka perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam. Contohnya melestarikan elang yang merupakan predator alami yang berada di puncak rantai makanan, supaya hewan-hewan yang menjadi mangsanya tidak mengalami ledakan populasi sehingga mengganggu ekosistem yang ada apalagi mengganggu kehidupan manusia.

4. Sebagai bahan kajian saat ini dan dimasa yang akan datang

Ilmu pengetahuan tidak ada batasnya oleh karena itu penting bagi manusia zaman ini untuk melestarikan hewan langka supaya generasi selanjutnya tetap mendapatkan ilmu pengetahuan tentang hewan yang ada dan bisa mendapatkan pembelajaran yang baik untuk masa yang akan datang.

5. Manusia menjalankan perannya berbuat baik kepada semua makhluk hidup

Manusia diwajibkan untuk berbuat baik kepada semua makhluk hidup tidak terkecuali. Menanamkan rasa kasih sayang merupakan pondasi nilai kehidupan yang harus diterapkan sejak dini. Dengan ikut membantu melestarikan hewan langka kita sudah mengajari generasi yang akan datang tentang pentingnya rasa kasih sayang kepada semua.

6. Hewan langka harta berharga suatu negara

Hewan langka adalah harta berharga bagi suatu negara karena tidak semua negara terdapat spesies hewan tersebut. Keberadaanya menjadi suatu negara unik dan memiliki nilai tersendiri di mata dunia. Seperti Indonesia yang punya hewan langka komodo menjadi iconic negara dari Asia.

7. Menambah pengetahuan masyarakat

Masyarakat terdiri dari banyak segmen sehingga tidak semua memiliki akses secara mudah mengetahui hewan langka yang ada di negara. Melestarikan hewan langka dan melakukan kegiatan promosi akan menambah pengetahuan masyarakat tentang hewan langka yang ada dan diharapkan masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam upaya melestarikan hewan langka yang ada.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar