Mengapa Kita Harus Turut Menjaga Ketersediaan Air yang Ada di Bumi

Mengapa kita harus turut menjaga ketersediaan air yang ada di bumi?. Pertanyaan tersebut adalah sebuah pertanyaan yang mungkin sebagian orang tidak pernah memikirkannya. Namun bagaimana jika sampai hal tersebut terjadi.

Pada kesempatan kali ini mari kita membahas beberapa alasan mengapa kita harus menjaga ketersediaan air yang ada di bumi. Hal ini agar tidak terjadi beberapa akibat atau dampak yang bisa merugikan semua makhluk terkhusus manusia..

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja kita bahas. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus menjaga ketersediaan air.

Alasan Mengapa Kita Harus Turut Menjaga Ketersediaan Air yang Ada di Bumi Demi Mencegah Dampak Buruk yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Sumber Daya Alam yang Penting

Alasan yang pertama karena air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting. Air bisa digunakan sebagai minuman bagi semua makhluk hidup, selain itu dengan air manusia bisa masak dan menghasilkan makanan. Segala jenis makanan pasti tidak luput dari penggunaan air, entah itu sebagai salah satu bahannya atau hanya untuk membersihkan bahan makanan tersebut.

Bayangkan jika air tidak ada, maka kita tidak bisa minum sama sekali. Bencana kehausan akan melanda umat manusia dan parahnya bisa terjadi kepunahan. Sedangkan semua makanan yang kita makan juga tidak akan sehigienis sekarang.

Editor terkait:

2. Sebagai Media Pembersih Dari Kuman dan Bakteri Jahat

Alasan yang selanjutnya karena air berfungsi sebagai media pembersih kuman atau bakteri jahat. Dengan air kita manusia bisa mandi dan membersihkan badan dari kuman dan bakteri agar tetap sehat dan bisa melanjutkan aktivitas seperti biasanya. Selain digunakan untuk mandi, air juga digunakan untuk membersihkan bahan makan sebelum dimasak.

Oleh sebab itu, jika tidak ada air maka akan ada banyak sekali kuman atau bakteri jahat yang menempel di tubuh kita. Hal ini bisa membuat seseorang mudah terserang penyakit karena tidak memiliki tubuh yang bersih dan sehat. Selain tubuh, makanan yang kita makan juga tidak luput dari bakteri atau kuman jahat karena tidak dibersihkan terlebih dahulu.

3. Membantu Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Alasan mengapa kita harus turut menjaga ketersediaan air yang ada di bumi yang berikutnya karena air merupakan salah satu unsur utama dalam proses fotosintesis bersama karbondioksida, klorofil, dan cahaya matahari. Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan, dimana pada proses fotosintesis tersebut tumbuhan akan menghasilkan oksigen bagi lingkungan sekitar.

Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan digunakan oleh manusia untuk bernapas. Dimana ketika bernapas manusia menghirup oksigen dan akan menghembuskan karbondioksida yang kemudian akan digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis. Jadi gampangnya tumbuhan dan manusia diharuskan hidup berdampingan, jika salah satunya tidak ada maka akan membuat kepunahan.

Editor terkait:

4. Tempat Hidup Hewan Laut

Jika kita berbicara tentang air maka kita harus membahas tentang laut. Laut adalah sebuah genangan air yang paling luas dimuka bumi. Jika laut mengalami kekeringan maka akan ada banyak sekali hewan laut yang mati. Dari bangkai-bangkai hewan tersebut pasti akan membawa sebuah penyakit atau virus yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan makhluk lainnya bahkan manusia.

Apalagi perbandingan antara laut dan daratan adalah 7:1 maka bisa dipastikan akan ada banyak sekali bangkai hewan dimana-mana. Oleh sebab itu alasan terakhir mengapa kita harus turut menjaga ketersediaan air yang ada di bumi ini selain untuk menjaga populasi hewan laut, kita juga bisa mencegah bencana yang bisa terjadi.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar