8 Alasan Mengapa Kita Harus Percaya Kepada Qada dan Qadar

Terdapat alasan mengapa kita harus percaya kepada qada dan qadar. Alasan tersebut yaitu karena dengan meyakini qada dan qadar hal tersebut adalah wujud dari rasa iman kepada Allah SWT.

Karena seperti yang kita umat muslim tahu, bahwasannya qada dan qadar merupakan salah satu dari rukun iman yang memang wajib diyakini oleh semua umat muslim.

Seseorang yang mempunyai rasa percaya pada qada dan qadar tentu akan memperoleh banyak sekali hikmah. Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus meyakini qada dan qadar.

Alasan Mengapa Kita Harus Percaya Qada dan Qadar?

1. Agar Kita Termasuk Dalam Orang-Orang yang Beriman

Yang pertama yaitu dengan kita meyakini qada dan qadar, maka kita akan termasuk dalam golongan orang-orang yang beriman. Tanpa adanya keyakinan tersebut, tentu kita bukan termasuk orang-orang mukmin yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

2. Menjadikan Kita Lebih Bersyukur

Bagi seseorang yang memiliki keyakinan kuat pada qada dan qadar tentunya orang tersebut akan menjadi lebih mudah dalam bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada dirinya.

3. Selalu Giat Berusaha

Hal lain yang menjadikan mengapa kita harus meyakini qada dan qadar yaitu akan membuat diri kita selalu berusaha supaya mengerjakan hal-hal yang terbaik dan dicintai oleh Allah. Dengan usaha yang sungguh-sungguh tentunya Allah akan memberikan kemudahan bagi orang-orang mukmin tersebut.

4. Membuat Kita Jadi Lebih Sabar

Alasan selanjutnya mengapa kita harus percaya kepada qada dan qadar yaitu agar menjadikan diri kita jadi lebih sabar. Sebagai seorang muslim, tentu perlu untuk menyadari bahwasanya segala sesuatu merupakan ketetapan dari Allah dan hanya Allah semata yang mengetahui apa saja yang terbaik bagi hamba-hambanya di dunia dan di akhirat.

5. Menjadikan Kita Lebih Bertawakal

Tawakal yaitu sikap di mana kita berserah diri kepada Allah SWT. Sikap ini tentunya akan sangat disukai oleh Allah, karena hal tersebut menandakan bahwa kita telah mampu untuk menerima serta ikhlas pada setiap keputusan yang diberikan oleh Allah SWT pada diri kita masing-masing.

6. Terjauhi dari Sifat Sombong

Salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT yaitu mukmin yang bersifat sombong. Maka dari itulah, agar terhindar dari sifat tersebut kita perlu lebih meyakini qada dan qadar.

Segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, baik itu buruk ataupun baik, merupakan ketetapan yang berasal dari Allah, sehingga sudah sepantasnya jika kita tidak memiliki sifat sombong.

7. Menjadikan Jiwa Kita Lebih Tenang

Meyakini qada dan qadar akan membuat jiwa kita jadi jauh lebih tenang. Hidup yang dijalani akan terasa jauh dari segala kesusahan.

Bahkan sekalipun ujian kita hadapi terasa sangatlah sulit, namun keyakinan pada ada Allah SWT akan membuat kita jadi selalu merasa damai dan tenang menjalani hidup di dunia.

8. Menjadikan Kita Selalu Berharap Pada Allah

Hikmah terakhir dengan kita meyakini qada dan qadar yaitu akan menjadikan diri kita tak akan pernah putus asa dan selalu berharap yang terbaik dari Allah SWT. Tentunya dengan begitu kita akan jadi lebih percaya bahwa nantinya akan selalu diberikan jalan kemudahan oleh Allah SWT di setiap kesusahan yang kita alami.

Itulah alasan mengapa kita harus percaya kepada qada dan qadar. Sebagai seorang yang beragama Islam, meyakini qada dan qadar adalah sesuatu yang wajib hukumnya. Dan beberapa hal yang telah disebut tersebut merupakan hikmah yang bisa kita peroleh.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar