Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan

Beberapa waktu terakhir, kita tentu masih disibukkan dengan pandemi yang mengharuskan kita untuk mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan sehingga tangan kita selalu steril.

Kebersihan tangan tersebut bisa membantu kita untuk terhindar dari ancaman virus, bakteri, dan kotoran lain yang kemungkinan besar masih menempel di tangan. Karena ancaman tersebut tidak bisa dilihat secara kasat mata, ahli kesehatan pun merekomendasikan kita untuk mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan apabila kita mencuci tangan sebelum makan? Untuk mengetahui hal tersebut, maka simaklah beberapa uraian yang ada di bawah ini.

Alasan Mengapa Mencuci Tangan Sebelum Makan Menjadi Kewajiban

1. Mencegah Penyebaran Kuman pada Orang Lain

Mencuci tangan menjadi pilihan yang paling tepat untuk dilakukan agar kita selalu berada pada kondisi yang baik dan sehat. Air yang mengalir pada tangan akan membantu mencegah kuman menyebar pada orang lain sehingga kita semua pun bisa terhindar dari bahaya yang mengganggu.

Terlebih, sebelum makan pasti kita akan memakai alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, dan lain-lain. Alat tersebut tentunya kemungkinan besar masih tertempel oleh kuman dan berbagai bakteri lainnya, dan untuk itulah kita harus selalu mencuci tangan terlebih dahulu sehingga tangan dan alat tersebut bisa selalu steril ketika digunakan untuk makan.

Editor terkait:

2. Terhindari dari Penyakit Serius

Alasan kedua mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan adalah agar kita bisa senantiasa berada dalam keadaan yang aman dan terhindar dari penyakit yang serius. Penyakit pada umumnya berasal dari kuman yang tidak sengaja kita hirup atau masuk ke dalam tubuh melalui makanan ataupun udara.

Dengan mencuci tangan, kita bisa menghindari akan kemungkinan hal tersebut dengan mudah. Kuman akan mengalir bersamaan dengan air dan sabun yang kita usapkan pada tangan selama beberapa kali, sehingga setelah itu kita pun bisa mengkonsumsi makanan dengan lebih aman dan nyaman tanpa merasa cemas akan bahaya tertentu.

3. Mencegah Terkena Virus Corona

Tidak bisa dipungkiri, pandemi yang diakibatkan karena penyebaran virus Corona ini membuat kita harus senantiasa waspada dan menjaga kebersihan tangan. Virus ini terkenal karena penyebarannya yang begitu masif dan sangat instan, sehingga perlu tingkat kesadaran yang tinggi diantara kita agar kita selalu berada dalam kondisi yang bersih dari virus.

Mencuci tangan sudah sering digalakkan oleh para ahli kesehatan di seluruh dunia sebagai salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi virus ini. Disertai oleh pemakaian masker yang wajib dan mencuci tangan secara rutin, resiko terkena virus ini pun juga bisa terminimalisir.

Editor terkait:

4. Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mencuci tangan membawa efek yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia sebab kita bisa terhindar dari virus atau mikroorganisme berbahaya yang mampu mengganggu organ tubuh. Salah satu efeknya yaitu sistem imun yang semakin kokoh dan meningkat.

Dengan memiliki sistem imun yang kuat, maka kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa harus merasa ketakutan akan bahaya yang mengancam. Untuk itu, alasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan sebenarnya untuk kebaikan diri kita sendiri agar selalu sehat dan tidak perlu dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar