Mengapa Kita Harus Memiliki Sikap Empati

Manusia telah menunjukkan mempunyai rasa empati mulai usia dini serta bisa semakin berkembang seiring bertambahnya usia. Terdapat berbagai macam alasan mengapa kita harus memiliki sikap empati.

Empati sendiri merupakan kemampuan dalam memahami perasaan orang lain. Memperkuat dan menumbuhkan rasa berempati tidak bisa dengan cara yang instan. Tetapi, penting sekali menanamkan empati dari hal-hal sederhana.

Misalnya saja seperti membantu orang kesusahan ataupun peka dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Tetapi, tingkat empati setiap orang akan berbeda-beda. Terdapat seseorang yang mudah maupun sulit berempati.

Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Sikap Empati

1. Membiasakan Sikap Tolong Menolong

Alasan yang pertama yaitu membiasakan Anda untuk memiliki sikap saling tolong menolong dengan orang lain yang memang membutuhkan. Saat muncul rasa empati, tentu saja seseorang akan mulai membayangkan bagaimana perasaannya apabila ada di posisi tersebut.

Hal tersebut pastinya akan mendorong keinginan Anda untuk melakukan suatu hal yang dapat membantu dan meringankan masalah atau beban yang sedang dihadapi oleh orang lain. Sehingga, perilaku tolong menolong pun akan semakin terbiasa.

Editor terkait:

2. Dapat Mengatur Emosi Dengan Baik

Mempunyai rasa empati dengan orang lain dapat melatih Anda untuk mengendalikan emosi supaya tidak sampai terlewat batas. Pasalnya, orang yang tidak bisa mengendalikan emosinya justru akan merugikan diri sendiri.

Dengan adanya kepekaan dan ikut merasakan penderitaan atau permasalahan orang lain, maka Anda tidak akan gampang terpancing emosi seperti kesal, marah, sampai stress. Emosi yang terkendali juga akan membuat pikiran dan hati senantiasa merasa tenang.

3. Hubungan Sosial Terbangun Secara Baik

Alasan selanjutnya mengapa kita harus memiliki sikap empati tidak lain supaya dapat membangun hubungan baik dengan masyarakat lainnya. Rasa empati sangat diperlukan dalam membangun hubungan antara seseorang dengan orang lain, misalnya saja dengan tetangga.

Dengan berempati, Anda dapat memahami tentang apa yang sedang dirasakan maupun dipikirkan oleh orang lain. Anda pun akan semakin terlatih dalam memberikan respon atau tanggapan yang tepat pada berbagai macam situasi.

4. Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Sudah bukan lagi sebuah rahasia umum bahwa setiap manusia yang ada di muka bumi ini adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain atau tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial, tentu saja Anda perlu saling membantu dengan manusia lainnya.

Hal ini dikarenakan apabila suatu hari nanti Anda mengalami musibah yang tidak terduga, maka akan memerlukan bantuan dari orang lain guna meringankan beban seperti materi maupun moril. Begitu pula jika orang lainlah yang sedang terkena bencana, maka Anda pun harus membantunya.

Editor terkait:

5. Bisa Melihat Dunia Dengan Sudut Pandang Berbeda

Sebagai seorang manusia, Anda wajib memiliki pemikiran yang cukup terbuka. Hubungannya dengan sikap berempati sendiri yaitu sebab dengan sikap berempati, Anda akan lebih mudah untuk memasuki berbagai sudut pandang dari orang lain. Dengan seiring waktu berjalan, Anda bisa tumbuh menjadi individu yang semakin bijak serta dewasa sebab telah paham manakah yang benar dan yang salah.

Pemahaman tersebut pastinya juga berdasarkan beragam sudut pandang dari orang lain yang sudah selama ini Anda rasakan. Oleh karena itu, tentu saja ini menjadi salah satu alasan penting. mengapa kita harus memiliki sikap empati terhadap orang sekitar seperti keluarga, teman, maupun tetangga rumah.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar