Mengapa Kita Harus Membiasakan Hidup Rukun

Dalam kehidupan bermasyarakat, kerukunan merupakan salah satu aspek penting yang harus diterapkan oleh setiap individu. Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa kita harus membiasakan hidup rukun.

Kerukunan adalah sumber kebahagiaan dalam hidup bermasyarakat. Karena adanya kerukunan yang dijalin antar individu itulah yang menciptakan tindakan saling tolong-menolong, tenggang rasa, dan tindakan positif lainnya.

Kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat dapat dilihat ketika salah satu tetangga menggelar hajatan, tetangga yang lain pasti turut membantu mulai dari persiapan acara hingga berakhirnya acara. Banyak sekali contoh kerukunan dalam bermasyarakat.

Alasan Mengapa Kerukunan dalam Hidup Bermasyarakat Harus Dibiasakan?

1. Kehidupan harmonis

Hidup yang harmonis akan tercipta jika masyarakat saling menjaga kerukunan. Keharmonisan antar masyarakat akan menghasilkan kehidupan yang damai dan tentram. Jika salah satu tetangga sedang kesusahan, maka tetangga yang lain akan sigap membantu. Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci kehidupan masyarakat yang harmonis.

Editor terkait:

2. Kehidupan aman dan tentram

Kerukunan juga akan menciptakan kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram. Masyarakat yang hidup dengan kerukunan akan meminimalisir pertengkaran atau pertikaian yang dapat memecah belah hubungan tali silaturahmi. Adanya pertengkaran atau pertikaian antar masyarakat dapat memunculkan ancaman sehingga kehidupan menjadi tidak tentram.

3. Komunikasi terjalin baik

Alasan ini juga merupakan alasan mengapa kita harus membiasakan hidup rukun karena hubungan kekeluargaan yang terjalin dalam kehidupan bermasyarakat dapat tercipta dari komunikasi yang baik. Komunikasi adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan perselisihan antar masyarakat, sehingga menjaga lisan harus diterapkan dalam komunikasi.

4. Memperluas relasi

Jika hidup dalam bermasyarakat diselimuti dengan kerukunan, maka hubungan antar masyarakat dapat menciptakan suasana damai dan akrab terhadap siapa saja. Hal ini tentu akan menciptakan relasi menjadi lebih luas sehingga hubungan persahabatan dapat dijalin dengan baik. Relasi yang luas akan membuat seseorang merasa tidak kesepian.

5. Lebih menghargai perbedaan

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu perbedaan akan banyak ditemui dari berbagai sisi. Dengan menjalin kerukunan, manusia dapat lebih menghargai perbedaan yang ada. Adanya perbedaan bukan malah menjadi sebuah bahan untuk mencemooh atau merendahkan orang lain, namun sebaiknya menjadi sebuah rasa syukur tanpa harus membeda-bedakan.

Editor terkait:

6. Menjalin kekompakan

Salah satu kunci kehidupan harmonis dalam bermasyarakat adalah kerukunan. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Kondisi kehidupan bermasyarakat yang pasti memerlukan bantuan orang lain dapat dilihat ketika tetangga sedang kesusahan, berduka, menggelar hajatan, dan kondisi lainnya.

Beberapa kondisi tersebut tidak akan bisa di-handle sendiri. Oleh karena itu, kekompakan antar masyarakat akan terjalin dengan baik. Segala hal yang bersifat kebersamaan atau gotong royong tidak akan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

7. Menciptakan kemakmuran

Kemakmuran akan tercipta jika satu individu menjalin kerukunan dengan individu lainnya dalam kehidupan masyarakat. Kemakmuran yang diciptakan bukan hanya kemakmuran untuk individu saja, melainkan untuk semua masyarakat dari berbagai lapisan. Masyarakat yang makmur dan sejahtera tidak akan terfokus pada kekurangan maupun kesalahan orang lain.

8. Mempererat tali silaturahmi

Silaturahmi antar masyarakat tidak hanya dijalin ketika Hari Raya Idul Fitri saja, melainkan hari-hari biasa di luar hari raya pun harus tetap menjalin tali silaturahmi yang baik. Kehidupan masyarakat yang selalu memegang teguh kerukunan tentu saja tali silaturahmi akan erat sampai kapanpun. Hal ini merupakan alasan mengapa kita harus membiasakan hidup rukun.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar