Mengapa Kita Harus Membayar Zakat Mal

Selain untuk meningkatkan rasa iman sebagai seorang muslim, terdapat alasan mengapa kita harus membayar zakat mal secara tepat dan rutin. Hal itu dikarenakan dengan kita membayar zakat mal akan mendapatkan manfaat baik pada diri kita sendiri dan juga orang-orang lain.

Zakat itu sendiri adalah ukuran materi atau harta yang perlu dan wajib dikeluarkan pada orang yang memerlukan dan orang-orang yang memang berhak dalam menerima zakat, termasuk disini yaitu zakat penghasilan.

Berikut ini akan diulas mengenai apa manfaat dari membayar zakat mal tersebut.

Apa Saja Manfaat Membayar Zakat Mal?

1. Agar Hati Dan Harta Kita Bersih

Di dalam agama Islam, diajarkan bahwasannya membayar zakat termasuk di dalamnya yaitu zakat mal adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk membersihkan harta kita. Karena di dalam agama Islam, tiap harta yang kita miliki terdapat hak-hak orang lain yang perlu kita tunaikan.

Utamanya di sini adalah mereka yang memang membutuhkannya. Dengan menyalurkan sebagian harta yang dimiliki, hal itu sama halnya dengan membantu kelangsungan hidup orang lain yang memang membutuhkan bantuan dalam segi materi.

Dengan kita terbiasa membayarkan zakat mal, tentu akan muncul perasaan lega di dalam hati kita masing-masing. Sehingga pada akhirnya hal tersebut juga akan membuat hati kita jadi lebih bersih.

Editor terkait:

2. Untuk Pengendalian Diri

Dengan memiliki hati yang bersih tentunya di sini kita juga akan jadi mudah dalam melakukan pengendalian diri,utamanya di sini yaitu mengendalikan diri dari emosi terhadap berbagai macam hal yang membuat pengeluaran jadi bengkak.

Oleh karena diri kita telah terbiasa dalam membayar zakat mal sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, maka secara perlahan pandangan kita terhadap kepemilikan harta pun akan mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut umumnya hadir dalam sudut pandang bahwa harta yang kita miliki tentu tidak seutuhnya jadi milik diri sendiri.

Karena memang terdapat hak orang lain yang membutuhkan di dalamnya. Jadi dengan begitu nantinya kita akan merasa lebih tenang ketika harus mengambil keputusan dalam melakukan pengeluaran untuk biaya hidup diri sendiri dan keluarga tanpa harus mengeluarkan uang secara berlebihan.

3. Pengelolaan Keuangan Menjadi Lebih Baik

Alasan mengapa kita harus membayar zakat mal yaitu dengan kita membayar zakat penghasilan secara rutin tentu hal tersebut akan menjadikan kita terbiasa dalam membuat rincian dari pengeluaran yang harus dilakukan. Termasuk di dalamnya yaitu keperluan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan begitu tentunya kita pun akan jadi lebih terbiasa dalam mengelola keuangan. Mengelola keuangan memang harus dilakukan secara lebih cermat dan bijak, agar kita terhindar dari masalah finansial ke depannya.

4. Pajak Penghasilan Berkurang

Perlu untuk kita ketahui bahwa dengan membayar zakat mal, hal itu akan membuat pajak penghasilan kita jadi berkurang. Seperti yang telah disebutkan di dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 yang membahas mengenai Pengelolaan Zakat.

Untuk memperoleh keuntungan dalam pengurangan pajak pendapatan tersebut, Anda dapat melakukan pengajuan laporan pada badan amil zakat nasional, yang mana mencantumkan jumlah zakat yang telah dibayarkan.

Editor terkait:

5. Agar Tercipta Keadilan Sosial

Di dalam agama Islam selain membayar zakat mal bisa meningkatkan iman dan juga pahala, zakat nyatanya juga merupakan upaya untuk memperkecil kesenjangan antara orang miskin dan orang kaya.

Sangat penting mengapa kita harus membayar zakat mal agar tercipta keadilan sosial. Dengan kita rutin membayarkan zakat mal, tentu kita berhasil dalam memberikan kontribusi untuk mengurangi kemiskinan, dikarenakan zakat tersebut disalurkan pada orang-orang yang benar-benar tepat dan membutuhkan uluran tangan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar