Mengapa Kita Harus Memahami Makna Bacaan Sholat

Ada alasan penting mengapa kita harus memahami makna bacaan sholat. Sebagai seorang umat muslim, tentunya kita diwajibkan untuk menjalankan sholat lima waktu.

Hal itu dimaksudkan agar nantinya kita bisa hidup dengan damai, tentram, sejahtera dan juga bahagia. Bagi orang muslim yang paling beruntung yaitu mereka yang khusyuk menjalankan sholatnya.

Sebagai seorang mukmin perlu bagi kita untuk mulai belajar memahami tiap makna dan kandungan dari ayat-ayat yang dilantunkan saat menjalankan ibadah sholat agar bisa memperoleh manfaat yang akan disebutkan di bawah ini.

Manfaat Memahami Makna Bacaan Sholat?

1. Menjadikan Kita Lebih Khusyuk

Tak dapat dipungkiri bahwasannya tidak semua orang mukmin yang melangsungkan ibadah sholat dapat khusyuk saat menjalankannya. khusyuk di sini artinya niat dalam melakukan sholat untuk menghadap pada tuhan yang maha esa, berikrar menjadi seorang hamba yang beriman pada Allah, memohon agar nantinya dituntun ke sebuah jalan yang benar dan tidak tersesat oleh bujukan setan.

Oleh karena itulah, dengan memahami makna dari bacaan sholat, tentunya Kita bisa menjadi seorang mukmin yang lebih khusyuk lagi ketika menjalankan ibadah sholat tersebut.

Editor terkait:

2. Lebih Istiqomah Menjalankan Kebaikan

Akibat dari menjalankan sholat yang khusyuk, tentu akan membuat kita jadi lebih istiqomah dalam melakukan kebaikan dan juga kebenaran, serta banyak berbuat hal-hal baik pada sesama dan saling menjaga kehormatan antar manusia beragama.

Karena itulah di tiap kita menjalankan sholat, maka perlu untuk mengucapkan bacaan-bacaan sholat dengan tartil, serta penting juga untuk memahami makna dan arti dari bacaan sholat tersebut. Dengan begitu akan membuat kita lebih mampu untuk menjiwai ibadah nantinya.

3. Lebih Mampu Meresapi Ibadah

Saat Kita menjalankan ibadah sholat tentu akan mengucapkan bacaan dengan penuh rasa sadar serta paham mengenai makna dari bacaan sholat tersebut. Akal kita akan sadar saat menggerakkan lidah, mulut, kerongkongan dan juga saluran pernafasan.

Posisi tubuh kita yang berdiri tegak, serta wajah memandang ke tempat sujud, tentu akan semakin menambah sholat jadi lebih fokus. Telinga pun nantinya akan jadi berfokus untuk mendengar bacaan sholat. Dengan segala indra dan tubuh yang hanya berfokus pada bacaan, tentu akan membuat Kita semakin mampu untuk meresapi ibadah.

Terlebih lagi di sini ketika kita memahami arti dan makna dari semua bacaan tersebut. Pastinya hati kita akan semakin tergugah dan mampu untuk meresapi ibadah sholat. Itulah alasan mengapa kita harus memahami makna bacaan sholat.

Editor terkait:

4. Akan Semakin Memperkuat Iman

Ketika hati kita terus-menerus dipenuhi oleh bacaan sholat serta makna-makna yang diresapi, tentu akan membuat Kita semakin yakin serta semakin memperkuat rasa iman kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Keyakinan serta keimanan yang di simpan di dalam hati tersebut tentu akan menjadi sebuah prinsip untuk menjalani hidup kita serta untuk membentuk kebiasaan dan karakter kita nantinya. Keimanan ini nantinya akan secara otomatis mengendalikan hawa nafsu dan juga akal Kita agar tetap berada dalam kebaikan dan kebenaran.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika orang-orang mukmin yang khusyuk dalam menjalankan sholatnya selalu berada dalam keberuntungan yang tak pernah habis. Itulah alasan mengapa kita harus memahami makna bacaan sholat. Karena memang seperti yang telah di singgung di atas banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh kita yang bisa memahami makna dari tiap bacaan sholat tersebut.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar