Mengapa Kita Harus Melakukan Penyelamatan Kekayaan Hayati Tumbuhan

Keanekaragaman hayati sendiri meliputi sumber daya hewan, sumber daya tumbuhan, dan mikroorganisme. Namun, kali ini kita hanya membahas tentang mengapa kita harus melakukan penyelamatan kekayaan hayati tumbuhan dan dampaknya bagi manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Kekayaan hayati tumbuhan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Banyak sekali manfaat dari tumbuhan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari tanpa sepengetahuan kita.

Tidak perlu bertele-tele lagi langsung saja kita bahas. Berikut adalah beberapa manfaat dari kekayaan hayati tumbuhan bagi kehidupan sehari-hari manusia.

Mengapa Kita Harus Melakukan Penyelamatan Kekayaan Hayati Tumbuhan Bagi Kehidupan Sehari-hari Manusia

1. Sebagai Obat-obatan

Manfaat dari kekayaan hayati yang pertama adalah sebagai obat-obatan. Indonesia memiliki sekitar 940 jenis tumbuhan dengan 250 diantaranya bisa digunakan sebagai obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit. Obat-obatan tersebut bisa berupa obat herbal atau obat pabrikan yang sering kita jumpai baik di rumah sakit ataupun apotek.

Contoh tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat herbal adalah mengkudu yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan contoh obat pabrik adalah obat malaria yang dibuat dari kandungan alkaloid yang bisa ditemukan di pohon kina.

Editor terkait:

2. Penghasil Kebutuhan Pangan dan Papan

Pangan adalah kebutuhan pokok manusia yang berhubungan dengan makanan. Di Indonesia sendiri tercatat memiliki 400 jenis tumbuhan yang menghasilkan buah untuk dimakan, 70 jenis tumbuhan yang menghasilkan umbi-umbian yang bisa dimakan, dan 370 jenis tumbuhan yang digunakan sebagai sayuran.

Dari semua itu bisa kita simpulkan sendiri bahwa dengan melakukan penyelamatan terhadap kekayaan hayati tumbuhan akan memberikan lebih banyak makanan untuk manusia. Tidak hanya untuk manusia saja, namun hewan-hewan di luar sana juga mendapatkan makanan dari tumbuhan-tumbuhan tersebut.

Sedangkan papan merupakan kebutuhan pokok manusia yang berhubungan dengan tempat tinggal. Dimana untuk membangun sebuah rumah yang bisa dijadikan tempat tinggal pasti membutuhkan kayu pepohonan sebagai penyangganya. Oleh sebab itu, dengan menjaga kelestarian alam khususnya tumbuhan maka kita bisa mendapatkan kayu yang bagus untuk membangun rumah.

3. Menjaga Suhu Udara

Manfaat dari mengapa kita harus melakukan penyelamatan kekayaan hayati tumbuhan dan dampaknya bagi kehidupan sehari-hari manusia yang berikutnya adalah bisa menjaga suhu udara sebuah tempat. Dengan adanya pepohonan yang tumbuh di sekitar sebuah tempat membuat udara di tempat tersebut menjadi lebih sejuk.

4. Sebagai Tempat Hidup Hewan Liar

Manfaat selanjutnya adalah kumpulan pepohonan yang menjadi rumah bagi banyak spesies hewan, kumpulan pepohonan tersebut dikenal dengan nama hutan. Jika hutan tetap terjaga maka hidup para hewan-hewan juga akan tetap terjaga, dari hewan-hewan tersebut kita bisa menikmati yang namanya daging.

Editor terkait:

5. Penghasil Oksigen

Tumbuhan merupakan penghasil oksigen secara alami dan penghasil oksigen paling banyak di muka bumi. Dimana oksigen tersebut dihasilkan dari proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan sebuah proses pembakaran oleh tumbuhan dengan zat karbondioksida, air, dan klorofil yang dibantu oleh sinar matahari. Hasil dari fotosintesis tersebut adalah glukosa dan oksigen.

Glukosa digunakan tumbuhan sebagai makanan mereka, sedangkan oksigen digunakan oleh manusia untuk bernapas. Dimana proses pernapasan sendiri adalah menghirup oksigen dan menghembuskan karbondioksida yang akan digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis.

Manfaat dari mengapa kita harus melakukan penyelamatan kekayaan hayati tumbuhan bagi kehidupan sehari-hari manusia yang terakhir ini lebih kepada penekanan hidup bersama antara tumbuhan dan manusia. Dimana dengan adanya tumbuhan maka manusia bisa bernafas, sedangkan dengan adanya manusia maka tumbuhan bisa melakukan proses fotosintesis.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar