8 Alasan Mengapa Kita Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan imun tubuh, hingga mengurangi resiko penyakit tertentu. Namun sebelum berolahraga kita dianjurkan untuk pemanasan terlebih dahulu. Mengapa kita harus melakukan pemanasan sebelum berolahraga?

Pemanasan berguna untuk menyesuaikan keadaan tubuh sebelum melakukan kegiatan yang lebih berat. Tujuan pemanasan ialah agar tubuh tidak terkejut ketika melakukan aktivitas fisik yang berat.

Berolahraga tanpa pemasan dapat menyebabkan cedera, sebab otot yang rileks tiba-tiba dikejutkan dengan aktivitas berat. Hal yang mungkin terjadi ialah kram otot atau cedera tulang. Itulah sebabnya penting melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

1. Melancarkan Peredaran Darah

Pemanasan sebelum berolahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan menaikkan aliran darah ke otot-otot. Suplai oksigen akan menyebar dengan baik ketika aliran darah berjalan lancar. Hal ini dapat meningkatkan performa dan energi ketikan akan melakukan aktivitas olahraga.

2. Meningkatkan Fokus

Pemanasan juga bermanfaat baik untuk meningkatkan fokus juga kondisi mental, agar dapat berolahraga dengan maksimal. Pemanasan akan membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Kondisi tenang dan rileks ini dapat membuat fokus dan juga kondisi mental lebih terjaga.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mencegah terjadinya kram pada otot, pemanasan juga dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga dapat mengurangi resiko cidera pada tulang dan persendian. Pemanasan dapat pula membuat persendian lebih fleksibel untuk digerakkan.

4. Mencegah Cedera

Karena pemanasan membuat otot lebih tidak kaku atau lentur, hal ini dapat membuat menghindarkan diri dari resiko cedera yang bisa saja terjadi. Misalnya ketika melakukan tendangan tinggi, tubuh akan terhindar dari resiko cedera, sebab keadaan otot yang sudah lentur.

Apabila tidak melakukan pemanasan hal yang mungkin bisa terjadi ialah otot robek. Otot robek ini merupakan cedera serius yang membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan.

5. Membuat Tubuh Lebih Bersemangat

Tubuh loyo saat berolahraga adalah salah satu tanda bahwa Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Pastinya Anda nggak mau kan tubuh terasa loyo dan tidak memiliki semangat saat berolahraga. Untuk mencegah hal ini, Anda harus melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga.

Tidak hanya membuat tubuh lebih bersemangat dalam melakukan olahraga, pemanasan juga membuat pikiran lebih fokus dan fresh juga dapat menghilangkan mood buruk yang ada.

6. Membuat Mental Lebih Siap

Mental yang tidak siap saat akan berolahraga dapat menyebabkan seseorang menjadi stres. Ketika stres bukannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini justru dapat melemahkan atau menurunkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mengapa kita harus melakukan pemanasan sebelum olahraga, yakni membuat mental lebih siap.

7. Mengurangi Kadar Asam Laktat

Olahraga dapat membuat kadar asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika dibiarkan menumpuk begitu saja dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan nyeri otot yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung sehingga terasa semakin sulit bernafas. Agar tidak terjadi hal ini maka jangan lupa melakukan pemanasan juga pendinginan saat olahraga untuk mengurangi kadar asam laktat.

8. Menjaga Kestabilan Detak Jantung

Pemanasan juga bertujuan untuk meningkatkan pembuluh darah dan sistem kerja jantung. Pada beberapa orang, detak jantung yang meningkat secara tiba-tiba dapat menimbulkan resiko buruk. Resiko yang dimaksud adalah minimnya suplai darah ke otot jantung yang menyebabkan susah bernafas. Untuk itulah mengapa kita harus melakukan pemanasan sebelum olahraga.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar