Mengapa Kita Harus Melaksanakan Sujud Syukur

Sujud syukur termasuk salah satu ibadah yang dianjurkan di dalam Islam dan pelakunya diganjar pahala. Saat seorang muslim hendak mengucapkan rasa syukur kepada Allah, maka perlu kiranya diwujudkan melalui tindakan ini.

Tata cara pelaksanaannya cukup satu kali sujud di tempat yang suci dan biasanya tidak didahului berwudhu terlebih dahulu. Pada dasarnya, inilah alasan mengapa kita sangat perlu melaksanakan sujud syukur:

Alasan Mengapa Kita Harus Melaksanakan Sujud Syukur

1. Ibadah sunnah

Termasuk dalam bagian ibadah sunah yang artinya akan diberikan pahala bagi setiap pelakunya. Di sisi lain, orang yang enggan melaksanakannya bisa merugi meskipun memang tidak ada konsekuensi berupa dosa. Hanya saja, sujud syukur ini amatlah singkat dan tidak memerlukan banyak rukun sehingga rasanya sayang jika dilewatkan.

2. Bentuk syukur

Sesuai namanya, sujud syukur umum dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta. Alasan kemunculannya bisa beragam jenis, mulai dari kelulusan di kampus impian, kemenangan lomba, atau bahkan kelahiran anak pertama. Semua hal yang membuat kita begitu senang sudah semestinya diungkapkan dengan sujud syukur.

3. Menambah nikmat

Sudah banyak dalil yang menjelaskan bahwasanya Allah akan membuat nikmat seorang hamba berkali lipat jika senantiasa bersyukur. Hanya dengan menyadari betapa anugerah-Nya begitu banyak atas diri kita, maka nikmat itu bisa terus ditambahkan. Bukankah ini janji Allah yang luar biasa?

4. Mengharap ridha

Atas setiap perbuatan yang kita lakukan selama hidup, pastinya selalu berharap agar Allah ridha terhadapnya. Demikian pula dengan sujud syukur di mana bentuk kesenangan kita diharapkan dapat membuat-Nya ridha. Ini tentu bisa menjadi kebahagiaan tertinggi jika Allah senang terhadap diri kita sebab Dialah Sang Pencipta.

5. Melapangkan hati

Hati terasa lebih lapang dan lega bila kita rajin bersyukur dan ini merupakan salah satu hikmah yang telah dikabarkan melalui berbagai dalil. Meskipun hari Anda barangkali diisi oleh hal-hal menyedihkan nan melelahkan, tetapi jika dibarengi dengan sujud syukur pada akhirnya, itu bisa membuat hati lebih ikhlas.

6. Mengusir was-was

Sejalan dengan kelapangan hati dan kesenangan yang mungkin kita rasakan setelah menerima kabar baik, biasanya tak lama kemudian diikuti oleh rasa was-was. Muncul pertanyaan bernada khawatir seperti apakah ke depannya akan tetap baik-baik saja, mungkinkah apa yang diperoleh kini hilang suatu hari nanti dan masih banyak lagi. Semua itu bisa diminimalkan atau bahkan dilenyapkan jika Anda rajin bersyukur.

7. Singkat

Sujud syukur tidak akan menghabiskan waktu Anda jika memang itu yang dikhawatirkan. Pasalnya, pelaksanaan ibadah ini hanya perlu satu kali sujud sembari membaca doa, lalu dapat diakhiri. Tidak butuh lima menit, sudah ada begitu banyak hikmah yang mungkin bisa diperoleh, seperti pahala, ketenangan hati, serta lenyapnya rasa was-was. Jadi, rugi sekali bila Anda melewatkan sujud syukur saat ditimpa suatu kebahagiaan atau berkah.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close