Mengapa Kita Harus Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat perlu sejak dini kita terapkan dan seharusnya sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya perilaku hidup sehat ini, padahal akan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Lantas, Mengapa kita harus hidup bersih dan sehat?

Alasan Perlunya Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

1. Mendukung produktivitas

Lingkungan, badan dan fasilitas yang bersih akan membantu meningkatkan semangat melakukan suatu kegiatan. Hal itu akan meningkatkan produktivitas kita, karena seringkali seseorang malas melakukan sesuatu karena tempatnya kotor, harus dibersihkan dulu dan lainnya.

2. Mencegah penyakit

Tujuan utama dari menerapkan perilaku gaya hidup bersih dan sehat adalah menghindari terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, kuman, jamur, dan parasit yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit infeksi.

3. Mencegah anak terkena stunting

Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat akan menjaga lingkungan tempat tinggal dari bahaya kuman dan penyakit menular lainnya. Tumbuh kembang anak usia dini akan optimal karena bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berasal dari lingkungan kurang sehat.

4. Menjaga tubuh sehat lewat asupan nutrisi yang baik

Perilaku hidup bersih dan sehat yang harus menjadi kebiasaan adalah makan makanan yang bergizi seimbang dan diolah dengan higienis. Asupan bernutrisi tidak harus mahal justru didapat dari bahan makanan sederhana dan diolah dengan baik. Contohnya bahan makanan dicuci bersih sebelum dimasak, proses masak yang menjaga kadar nutrisi terjaga, mencuci tangan dengan sabun sebelum masak dan lainnya.

5. Olahraga menjaga tubuh tetap bugar

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara rutin berolahraga mampu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Olahraga idealnya dilakukan 30 menit sehari untuk orang yang berbadan normal. Jenis Olahraga yang dipilih pun beragam mulai dari yang ringan seperti berjalan sampai olahraga berat di tempat kebugaran.

6. Terhindar dari dehidrasi

Perilaku hidup sehat yang harus dilakukan sehari hari adalah minum cukup air minimal 2 liter sehari. Air yang baik adalah air mineral atau air putih. Manfaat minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari adalah tubuh terhindar dari dehidrasi, menjaga kesehatan otot dan sendi, menjaga kolesterol, memelihara kelembaban kulit sehingga tidak mudah keriput dan masih banyak lagi.

7. Terhindar dari stress, kecantikan tetap terjaga

Salah satu faktor yang membuat orang stress adalah karena pola hidupnya yang tidak sehat. Kurang tidur, terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan, tidak berolahraga, minum-minuman berwarna merupakan contoh perilaku hidup tidak sehat. Jadi jika hidup kita teratur maka kita akan terhindar dari berbagai permasalahan tersebut dan bonusnya kesehatan kulit akan terjaga sehingga penuaan dini tidak akan terjadi.

8. Melindungi tubuh dari bahaya negatif narkotika

Narkotika dan zat adiktif lainnya sangat merugikan bagi tubuh karena akan menimbulkan ketergantungan, merusak organ tubuh, menimbulkan tekanan mental dan lainnya. Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari akan menjauhkan kita dari bahaya obat-obatan tersebut.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar