Mengapa Kita Harus Berpuasa pada Bulan Ramadhan

Setiap tahunnya, umat Islam memiliki kewajiban untuk melakukan puasa di bulan Ramadhan. Di bulan tersebut, mereka harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama setengah hari penuh dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, tahukah Anda alasan mengapa kita harus berpuasa pada bulan ramadhan?

Melakukan ibadah puasa menjadi ibadah wajib bagi umat Islam karena merupakan rukun Islam yang ketiga. Dengan berpuasa, maka seseorang akan merasakan bagaimana rasanya menahan hawa nafsu dan rasa lapar untuk memberikan kepekaan pada diri.

Sebagai salah satu kewajiban dan ibadah kepada Allah, puasa kadang masih menjadi pertanyaan penting dalam agama Islam. Selain merupakan kewajiban, berikut adalah alasan kenapa seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Alasan Penting Mengapa Kita Harus Berpuasa pada Bulan Ramadhan

1. Merupakan Perintah Allah

Rukun Islam merupakan rukun wajib bagi umat Islam untuk dilaksanakan, apabila tidak dilaksanakan maka Islam seseorang patut untuk dipertanyakan. Puasa sendiri merupakan perintah Allah yang diturunkan secara langsung, banyak hadis maupun ayat al-Quran yang menjelaskan mengenai hal tersebut.

Salah satu anjuran untuk melakukan ibadah puasa adalah surat Muhammad ayat 33. Di dalam surat tersebut, Allah menganjurkan untuk mentaati semua ibadah yang telah ditetapkan kepada manusia dan dilakukan oleh Rasul Rasul sebelumnya.

Di dalam ayat tersebut juga ditekankan agar umat Islam tidak merusak pahala dengan amalan-amalan yang sudah ditetapkan. Ini merupakan salah satu ayat yang menekan umat Islam untuk tidak membantah atau melanggar perintah serta kewajiban dari Allah.

Editor terkait:

2. Ramadhan Bulan Penuh Ampunan

Dalam satu tahun, Ramadhan hanya terjadi satu kali saja dan merupakan bulan yang penuh ampunan. Apalagi untuk mereka yang menjalankan ibadah puasa, maka ia akan mendapatkan pahala dan ampunan atas segala dosa yang dilakukan.

Rasulullah sendiri pernah bersabda dalam salah satu hadisnya, umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas, penuh iman, dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka ia diampuni dari dosa masa lalu yang telah dilakukan.

Ini merupakan salah satu alasan penting mengapa kita harus berpuasa pada bulan Ramadhan. Berkah dan ampunan tersebut tidak akan Anda dapatkan jika berpuasa di bulan lain selain bulan Ramadhan.

3. Dibukakan Pintu Surga

Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan penuh pengabdian, maka mereka akan dibukakan pintu surga. Umat Islam yang gemar berpuasa akan masuk ke surga melewati pintu khusus yang disebut ar-Rayyan.

Pintu tersebut hanya dimasuki oleh mereka yang berpuasa dan tidak ada yang masuk kecuali mereka yang sudah terpilih. Setelah pintu tersebut ditutup, maka tidak ada lagi umat Islam yang masuk melalui pintu tersebut.

Seseorang yang berpuasa juga akan dijauhkan dari neraka, sebagaimana hadis Nabi yang menjelaskan bahwa umat Islam yang berpuasa satu hari karena Allah akan mendapatkan ampunan dan dijauhkan dari api neraka, sejauh 70 tahun perjalanan.

Editor terkait:

4. Banyak Hikmah dan Manfaat

Ada banyak hikmah dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan ibadah puasa. Mereka yang berpuasa, menurut banyak penelitian memiliki tubuh yang lebih sehat. Apalagi orang yang berpuasa dinilai memiliki daya tahan tubuh dan kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak berpuasa.

Puasa juga menyehatkan dan menjadi alasan mengapa kita harus berpuasa pada bulan ramadhan dan bukan di hari yang lain. di bulan tersebut, selain kewajiban Anda juga akan mendapatkan manfaat yang besar jika berpuasa.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar