Mengapa Kita Harus Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah aktivitas yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Ketika berolahraga, kita dianjurkan melakukannya secara teratur. Lalu mengapa kita harus berolahraga secara teratur?

Olahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja dengan berolahraga teratur, maka metabolisme tubuh bisa menjadi lancar sehingga penyerapan nutrisi ke dalam tubuh bisa menjadi lebih baik.

Secara rohani pun olahraga juga bermanfaat, yakni untuk menjaga kesehatan mental, meningkatkan kemampuan akademik, bahkan bermanfaat bagi kepribadian. Ada banyak sekali alasan yang mengharuskan kita berolahraga secara teratur setiap harinya.

Alasan Mengapa Kita Harus Berolahraga Secara Teratur

1. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Tubuh memiliki tiga acara dalam menghabiskan energi, yakni dengan berolahraga, mencerna makanan, dan mempertahankan fungsi tubuh seperti pernafasan atau detak jantung.

Ketika diet, tingkat metabolisme akan menurun sebab pengurangan jumlah asupan kalori. Hal ini akan membuat berat badan mengalami penurunan.

Namun, dengan olahraga teratur justru dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh yang akhirnya dapat membakar kalori dengan tetap menjaga berat badan ideal.

Editor terkait:

2. Membuat Perasaan Terasa Lebih Bahagia

Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati yang sedang Anda alami. Dapat pula mengurangi perasaan cemas, stres, serta depresi. Terbukti bahwa dengan olahraga maka produksi endorfin dalam otak akan meningkat sehingga menghasilkan perasaan bahagia dan mengurangi perasaan depresi.

Selain itu, olahraga dapat pula mengurangi gejala kecemasan yang diderita seseorang. Hal ini akan membantu penderita kecemasan untuk bisa lebih sadar akan kondisi mental yang mereka alami.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Aktivitas olahraga memegang peran penting untuk menjaga kesehatan juga kekuatan tulang dan otot. Seiring penambahan umur, manusia cenderung akan kehilangan massa dan fungsi otot, hal ini dapat menyebabkan cedera atau bahkan cacat pada otot.

Rutin berolahraga ketika masih muda dapat membantu mempertahankan dan membangun kepadatan tulang dan otot di masa mendatang. Itulah yang menyebabkan mengapa kita harus berolahraga secara teratur.

4.  Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Tertentu

Kurang olahraga secara teratur dapat menjadi salah satu penyebab munculnya suatu penyakit tertentu. Bahkan dampak yang dapat terlihat dalam jangka pendek secara signifikan yaitu menyebabkan peningkatan lemak dalam perut Oleh karena itu aktivitas olahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit tertentu.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Meskipun olahraga secara teratur terkadang membuat Anda merasa lelah. Namun, olahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami yang ada dalam tubuh. Olahraga teratur juga dapat merangsang aliran darah dan dapat membantu menunda penuaan dini pada kulit.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apabila Anda sering merasa susah tidur atau sering terbangun di tengah malam, maka solusi untuk mengatasinya Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Olahraga teratur yang dianjurkan ialah 150 menit setiap minggunya.

Editor terkait:

7. Mengembalikan Gairah Seksual

Bagi Anda yang sering merasa kurang bergairah atau sering merasa kelelahan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, cobalah untuk lebih sering melakukan olahraga. Melakukan olahraga secara teratur terbukti dapat menurunkan resiko disfungsi ereksi dan pastinya dapat meningkatkan libido atau gairah seksual.

8. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Berolahraga secara teratur juga dapat mencegah terjadinya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sedangkan pada penderita hipertensi sendiri, olahraga secara teratur dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Itulah mengapa kita harus berolahraga secara teratur.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar