Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran

Kebenaran adalah sebuah pengetahuan yang bersifat tidak merugikan diri dan orang lain. Sedangkan kejujuran adalah sesuatu yang disampaikan atau yang dikatakan dengan nilai yang tidak bisa diragukan oleh siapapun. Terus mengapa kita harus membela kebenaran dan kejujuran?.

Saat ini banyak sekali orang yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan semua kemauannya. Bahkan ada beberapa yang melakukannya dengan cara yang tidak seharusnya yaitu mencurangi kebenaran dan kejujuran.

Namun kita harus tetap membela kebenaran dan kejujuran. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus membela kedua hal tersebut.

5 Alasan Mengapa Kita Harus Membela Kebenaran dan Kejujuran

1. Membantu Seseorang

Manusia merupakan makhluk sosial oleh sebab itu kita sangat tergantung dengan orang lain. Ketika kita mendengar seseorang melakukan kebenaran atau berkata jujur namun masih ada orang lain yang meragukan dan menyalahkannya, maka kita harus membantunya. Karena bisa saja suatu saat nanti kita akan mendapatkan bantuan dari orang tersebut atau orang lain ketika kita terkena masalah.

Semua hal baik pasti akan mendapatkan balasan yang baik juga, begitu juga dengan hal buruk akan mendapatkan balasan yang buruk juga. Oleh sebab itu, jangan pernah capek untuk membela orang-orang yang membutuhkan, apalagi Anda tahu orang tersebut sudah melakukan kebenaran atau kejujuran.

Editor terkait:

2. Menghindari Pencemaran Nama Baik

Alasan yang selanjutnya adalah bisa menghindari pencemaran nama baik. Ini biasa terjadi kepada orang-orang yang mempunyai jabatan, dimana mereka sering mendapatkan cemooh atau ejekan yang bersifat tidak benar. Kita yang mengetahui hal itu bisa membantu meluruskan masalah tersebut agar orang itu tidak terkena masalah yang lebih besar dan berbelit-belit.

3. Menghindari Perpecahan

Alasan mengapa kita harus membela kebenaran dan kejujuran yang berikutnya adalah demi menghindari perpecahan. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali suku, budaya, agama, dan ras. Oleh sebab itu, ketika ada sebuah berita yang tidak benar tentang sebuah suku, budaya, agama, maupun ras maka hal tersebut bisa menyebabkan sebuah perpecahan.

Apalagi ketika berita tersebut berasal dari luar suku, budaya, agama, maupun ras yang ada di dalam berita tersebut. Jadi kita harus berhati-hati dalam memberikan sebuah informasi kepada masyarakat.

4. Mencegah Perkelahian

Alasan yang keempat merupakan sebuah alasan turunan dari poin sebelumnya. Dimana ketika dua jenis suku, budaya, agama, maupun ras sudah diprovokasi oleh orang-orang dengan berita hoax yang tidak benar dan tidak jujur maka bisa terjadi perkelahian. Dari perkelahian ini bisa saja sampai menghasilkan korban jiwa.

Jika sudah ada korban jiwa di satu pihak maka pihak tersebut tidak akan diam saja, mereka akan melakukan balas dendam. Jadi berawal dari sebuah berita yang tidak benar bisa membuat perkelahian antara dua jenis suku, budaya, agama maupun ras. Oleh sebab itu, kita harus tetap membela kebenaran dan kejujuran apapun alasannya.

Editor terkait:

5. Agar Kebenaran dan Kejujuran Tetap Menang

Pada awal pembahasan sudah sempat kita singgung jika saat ini banyak sekali orang yang rela melakukan apa saja demi mencapai tujuan mereka. Cara yang digunakan pun kadang bersifat curang, yang dimana menomor duakan kebenaran dan kejujuran. Alhasil banyak orang yang tertipu dengan cara tersebut.

Alasan mengapa kita harus membela kebenaran dan kejujuran yang terakhir ini bertujuan agar menekan orang-orang yang rela melakukan apa saja demi mencapai tujuan mereka. Karena jika kita membiarkannya maka bisa dipastikan suatu saat nanti akan ada kecurangan lain untuk menutupi kecurangan sebelumnya.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar