Mengapa Kerajinan Bahan Lunak Disebut Sebagai Bagian dari Karya Seni

Kerajinan bahan lunak merupakan kerajinan yang dibentuk dari bahan yang memiliki sifat lunak, lentur, empuk, lembut dan juga fleksibel. Produk kerajinan dari bahan lunak ini seperti gantungan kunci, hiasan dinding, hiasan rumah, bingkai, vas bunga, tas, dan masih banyak lagu.

Tahukah Kamu kalau Kerajinan bahan lunak juga masuk dalam kategori karya seni mengapa demikian?

Alasan Kenapa Kerajinan Bahan Lunak Disebut Sebagai Bagian dari Karya Seni

1. Adanya unsur estetik

Karya seni tidak lepas dari yang namanya unsur estetik atau keindahan. Suatu kerajinan akan dikategorikan merupakan sebuah karya seni apabila memiliki nilai estetik. Kerajinan dari bahan lunak pun tidak lepas dari unsur estetik. Kerajinan bahan lunak memerlukan tangan-tangan terampil untuk membuatnya menjadi suatu bentuk yang indah. Seperti membuat guci dari tanah liat.

2. Media Karya Seni

Faktor lain dari sebuah karya seni adalah hasil ciptaan manusia yang dituangkan dalam media. Salah satu media penciptaan karya seni yaitu bahan lunak yang memiliki sifat mudah dibentuk.

3. Tidak semua orang bisa membuat kerajinan yang sama

Dalam pembuatan benda kerajinan diperlukan teknik supaya benda yang dihasilkan memiliki tingkat kerumitan, bentuk dan juga detail yang baik. Untuk membuatnya diperlukan tangan terampil yang menguasai teknik pembuatannya, tidak hanya teknik tetapi juga rasa seni untuk membuat kerajinan itu bernilai.

4. Kerajinan bahan lunak nilai estetik dan kegunaan

Meskipun karya seni identik dengan keindahan atau estetika namun dalam kerajinan benda lunak nilai kegunaan juga memiliki peran yang penting. Kerajinan benda lunak bahkan didominasi oleh nilai kegunaan seperti keramik, vas bunga, lilin dan lainnya.

5. Bedanya kerajinan lain dengan kerajinan bahan lunak

Kerajinan adalah benda yang memiliki nilai guna praktis yang diproduksi dalam skala banyak. Namun berbeda dengan kerajinan benda lunak karena meskipun diproduksi dalam jumlah yang banyak tetapi tetap memerlukan keterampilan tangan dan teknik si pembuatan. Hal ini menjadikannya kerajinan bentuk lunak memiliki bentuk yang praktis dan indah karena pengaruh dari unsur budaya setempat. Misalnya saja gantungan kunci yang berbeda di setiap daerah.

6. Jenis bahan lunak

Bahan lunak masih dibedakan lagi menurut dua jenis yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Bahan lunak alami diperoleh dari hasil alam dan dalam penggunaannya tidak menggunakan campuran bahan buatan. Sedangkan bahan lunak buatan yaitu bahan yang sengaja diciptakan untuk membuat kerajinan misalnya lilin, bubur kertas, dan sabun.

7. Bahan kulit

Kulit juga merupakan bahan lunak yang dihasilkan dari kulit hewan atau buatan yang disebut kulit sintetis sebagai media pembuat kerajinan. Kita mengenal aneka produk karya seni dari kulit ini seperti tas, ikat pinggang, jaket, dompet dan masih banyak lagi.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar