Mengapa Kelelawar Tidur Terbalik

Tahukah Kamu jika dahulu nenek moyang kelelawar hidup di pepohonan dan hanya memangsa serangga yang hidup di sekitar dahan pohon dari pada mengejar mangsanya. Hal itu terlihat berbeda dengan kondisi kelelawar saat ini, karena mereka perlu mencari mangsanya di malam hari.

Kelelawar adalah hewan nokturnal yang akan aktif di malam hari sedangkan di siang hari kelelawar akan tidur menggantung di dahan pohon. Mengapa kelelawar tidur terbalik? Apa tidak pusing?

Alasan Mengapa Kelelawar Tidur Terbaik

1. Asal usul kelelawar bisa terbang

Kelelawar adalah mamalia yang hidup dengan cara memanjat dan menangkap masanya di sekitar pepohonan. Hipotesis paling terkenal menyimpulkan bahwasanya kelelawar mengalami evolusi dari mamalia yang tidak bisa terbang ke mamalia yang mencoba terbang di udara. Pendukung dari hipotesis ini adalah ditemukannya fosil kelelawar di Wyoming daerah Amerika Serikat.

2. Menangkap mangsa dengan mulut dan tangan

Kelelawar menangkap mangsa dengan menggunakan mulut dan tangannya. Sementara kelelawar justru menggunakan kaki bagian belakangnya untuk menggantung, ini membuat adaptasi pada bagian cakar. Urat atau tandon cakar menjadi terkunci tepat saat kelelawar menggantung. Sehingga kelelawar saat menggantung tidak perlu menggunakan energi ataupun ototnya.

3. Tidur terbalik tidak perlu banyak energi

Tidur dengan posisi terbalik tidak membutuhkan banyak energi bagi kelelawar karena kaki dan cakar bagian belakangnya akan mengunci pada posisi terbalik. Selain itu dahan pohon yang bentuknya horizontal atau atap gua adalah tempat yang melindungi kelelawar dari pemangsa.

4. Kelelawar tidak bisa terbang dari tanah

Kelelawar tidak seperti burung yang bisa terbang dari tanah ke udara. Mereka tidak bisa meluncurkan badannya karena sayap kelelawar tidak cukup kuat menopang tubuhnya dan juga kaki kelelawar terlalu kecil untuk digunakan ancang-ancang sebelum terbang layaknya burung.

5. Perlu tempat tinggi

Posisi kelelawar yang berada di tempat tinggi jauh dari tanah memudahkan kelelawar untuk bisa langsung terbang. Posisi terbalik saat tidur membuat kelelawar jadi lebih mudah memposisikan dirinya untuk terbang ketika merasa terancam.

6. Mendapat banyak pilihan tempat tidur

Keunikan kelelawar yang tidur terbalik ini memberikan keuntungan bagi mereka karena bisa lebih banyak mendapatkan pilihan tempat bertengger untuk satu koloni. Merupakan hewan nokturnal membuat kelelawar aktif pada malam hari, siangnya waktu mereka akan digunakan untuk tidur 13-15 jam lamanya.

7. Menghindari pemangsa

Kelelawar yang tidur di siang hari membutuhkan tempat yang jauh dari jangkauan binatang pemangsa lain yang aktif berburu pada siang hari. Supaya mereka bisa tetap aman tempat yang dipilih biasanya jauh dari kerumunan, gelap dan lembap. Seperti gua, kelelawar banyak mendiami gua yang gelap dan tinggi pada siang hari dan akan mencari mangsa di sekeliling gua pada malam hari.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar