Mengapa Kegagalan Servis dalam Permainan Bola Voli Dinilai Sangat Merugikan

Servis menjadi permulaan suatu pertandingan bola voli. Servis merupakan pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain dari belakang garis lapangan yang melampaui nett menuju daerah lawan.

Biasanya servis ini dilakukan dengan teknik memukul bola secara keras supaya bola melaju dengan kecepatan yang tinggi ke daerah lawan.

8 Alasan Mengapa Kegagalan Servis dalam Permainan Bola Voli Dinilai Sangat Merugikan

1. Servis hanya boleh dilakukan dengan satu sentuhan

Kesalahan dalam servis akan merugikan dalam permainan bola voli karena jika servis dilakukan lebih dari satu sentuhan atau pukulan ke bola akan menghasilkan poin untuk lawan. Posisi tangan pada saat servis harus benar-benar diperhatikan jangan sampai tangan yang satu menyentuh bola.

2. Pukulan servis harus melewati nett dan

Tidak melebihi garis belakang tim lawan karena sebagai pemula pertandingan penting untuk pemain melakukan servis dengan benar. Salah satunya bola harus bisa melewati nett namun tidak melewati garis belakang tim lawan, apabila gagal maka poin akan didapatkan tim lawan.

3. Servis berhasil apabila menghasilkan poin untuk tim

Kegagalan servis banyak faktornya seperti perasaan gugup, kesalahan teknik, kekuatan pukulan dan lainnya. Apabila pukulan servis berhasil ke daerah lawan maka regu lawan berhak mendapatkan kesempatan memainkan tiga kali sentuhan. Bola akan sulit di balikan ke regu apabila servis yang dilakukan memiliki kecepatan tinggi dan ketepatan di daerah lawan.

4. Gagal servis bola pindah ke regu lawan

Kegagalan dalam servis selain menyebabkan kerugian karena regu lawan mendapatkan poin juga akan memberikan kemudahan bagi regu lawan mengambil bola. Perpindahan bola ke regu lawan ini jelas akan merugikan karena saat servis pukulan dari regu lawan akan memiliki kekuatan pukulan yang lebih dibandingkan umpan balik.

5. Regu lawan mendapat poin dengan mudah

Kegagalan yang dilakukan saat servis akan memberikan poin dengan mudah ke regu lawan tanpa adanya umpan balik yang membutuhkan tenaga. Energi atau tenaga menjadi kunci dalam olahraga karena energi sumber kekuatan. Ketika regu lawan masih full energi saat permainan berlangsung akan jauh lebih unggul.

6. Teknik servis passing atas dalam permainan bola voli

Servis memiliki tiga teknik yang harus dipahami semua pemain bola voli karena teknik servis ini akan dipakai oleh semua pemain dalam pertandingan. Servis passing atas tujuan utamanya supaya bola menukik dengan cepat menuju daerah lawan, pada servis passing atas memiliki tingkat kesulitan tinggi baik untuk pemain maupun regu lawan dalam umpan balik bola. Teknik servis ini punya kelebihan dan tingkat kegagalan yang tinggi.

7. Servis bawah pukulan sebatas pinggang Pemain

Kegagalan servis terjadi juga dalam servis bawah karena kerap kali bola tidak bisa melambung melewati nett. Namun teknik servis bawah ini bagus untuk menyasar langsung regu lawan supaya tidak bisa mengembalikan bola.

8. Servis atas dengan lompatan serangan langsung

Servis bisa langsung memberikan poin bagi regu apabila lawan tidak bisa membalikan bola. Keuntungan ini juga memberikan kekurangan karena jika gagal poin didapatkan lawan. Pukulan servis atas dengan lompatan ini bisa menjadi serangan langsung karena punya pukulan yang cepat dan keras.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar