Mengapa Kabel Listrik Bertegangan Tinggi Dipasang Agak Kendur

Listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan semua orang dalam melakukan aktivitasnya. Namun pemasangan kabel listrik yang tidak benar justru bisa menyebabkan konsleting atau bahaya lainnya.

Sehingga kabel yang bertegangan tinggi sebaiknya dipasang agak kendur untuk mengurangi terjadinya bahaya tersebut.

Alasan Kabel Listrik Bertegangan Tinggi Dipasang Agak Kendur

1. Kabel Tidak Putus

Pemasangan kabel listrik bertegangan tinggi yang agak kendur bertujuan agar tidak putus. Saat malam hari kabel tersebut akan mengalami penyusutan sehingga menyebabkan kabel mudah putus. Jika kabel putus akan berpengaruh terhadap terganggunya pasokan energi listrik dan membutuhkan waktu lama untuk perbaikannya.

2. Penyusutan

Kabel listrik bisa mengalami perubahan panjang, lebar, hingga volume saat terjadi penyusutan. Pada umumnya penyusutan ini terjadi ketika malam hari yang dapat menyebabkan kabel mudah putus. Sehingga kabel listrik bertegangan tinggi dipasang agak kendur supaya saat menyusut tidak begitu membahayakan. Selain itu listrik juga tidak mudah padam atau terjadi konsleting akibat penyusutan.

3. Mengurangi Penegangan

Sinar matahari yang mengarah ke bumi bisa menyebabkan kabel listrik berbahaya. Ketika terkena panas, tegangan kabel tersebut akan naik dan bisa membuat konsleting. Jika kabel itu dipasang rapat bisa berbahaya karena tidak mampu menyesuaikan dengan tegangan tinggi. Jadi pemasangan yang agak kendur ini berguna untuk mengurangi penegangan listrik saat siang hari.

4. Menjaga Keamanan

Kabel listrik menjadi berbahaya apabila tidak dilindungi secara khusus. Apalagi kabel yang bertegangan tinggi bisa menyebabkan beberapa hal salah satunya kabel putus. Jika sudah seperti ini listrik akan mudah padam dan banyak aktivitas masyarakat yang terganggu. Sehingga kabel yang dipasang agak kendur tersebut berguna untuk mengurangi bahaya dan membuat listrik tetap aman saat digunakan.

5. Pemuaian

Pemuaian adalah salah satu alasan pemasangan kabel listrik yang agak kendur. Saat suhu sedang panas bisa menyebabkan kabel listrik yang berada di luar ruangan mengalami pemuaian. Jika peristiwa tersebut terjadi maka kabel listrik bisa bertambah panjang dan tidak bisa menyesuaikan tegangannya. Apalagi saat dipasang rapat, maka akan sangat berbahaya ketika siang hari.

6. Pengaruh Cuaca

Pengaruh cuaca dapat membuat kabel listrik menjadi semakin panjang atau pendek. Saat cuaca sedang panas maka kabel akan memanjang, sedangkan ketika cuaca dingin kabel akan bertambah pendek. Hal tersebut tentu membuat kabel listrik harus memiliki sedikit ruang untuk menyesuaikannya. Sehingga kabel bertegangan tinggi tidak disarankan dipasang terlalu rapat.

7. Tingkat Pemasangan

Kabel listrik bertegangan tinggi memang disarankan untuk dipasang agak kendur. Namun tingkat pemasangannya ini harus sesuai standar dan tidak boleh terlalu kendur. Hal ini berguna untuk menjaga listrik supaya tetap efektif dan efisien saat digunakan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar