Mengapa Kabel Harus dibungkus Plastik

Kabel listrik merupakan media penghantar energi listrik. Komponen kabel listrik sendiri terdiri dari dua macam yaitu konduktor dan isolator. Kabel listrik terdiri dari alumunium atau tembaga yang kemampuan hantarannya ditentukan oleh luas penampang konduktor, semakin luas maka nilai arusnya (ampere) semakin besar.

Kualitas kabel listrik dipengaruhi juga dengan kualitas pembungkusnya. Lantas, Mengapa Kabel harus dibungkus plastik?

Alasan Mengapa Kabel Harus dibungkus Plastik

1. Komponen kabel konduktor dan isolator

Kabel terdiri dari dua komponen yaitu konduktor dan isolator. Konduktor adalah komponen yang baik menghantarkan listrik seperti tembaga dan aluminium. Sedangkan isolator adalah komponen yang tidak bisa menghantarkan listrik. Isolator umumnya terbuat dari bahan utama termoplastik seperti plastik, karet, kain dll.

2. Plastik bahan isolator terbaik

Plastik terbuat dari pengolahan minyak mentah. Biasa dipakai untuk membuat perabotan rumah tangga karena sifat-sifatnya. Sifat plastik sendiri yaitu lentur, tembus air, ringan dan mudah dibentuk. Dengan sifat ini plastik sangat baik sebagai isolator kabel untuk produk listrik maupun panas.

3. Kabel plastik lentur lebih mudah dipasang

Plastik memiliki sifat lentur seperti karet namun lebih mudah dibentuk. Hal ini menjadi nilai lebih dari plastik sebagai pembungkus kabel. Plastik yang lentur memudahkan dalam instalasi atau pemasangan listrik ke rumah-rumah. Kabel dibungkus plastik lebih mudah ditekuk dan dipotong.

4. Kabel dibungkus plastik jadi anti air

Mengapa kabel harus dibungkus plastik? Selain karena plastik isolator yang baik, dengan dibungkus plastik kabel jadi terbebas dari paparan kondisi lingkungan yang ekstrim seperti hujan. Sifat plastik anti air ini membuat air tidak menyerap ke dalam kabel dan mengakibatkan kerusakan pada tembaga sehingga kabel tidak mengalami kerusakan.

5. Kabel dibungkus plastik tahan di semua cuaca

Selain hujan cuaca yang dialami oleh kabel seperti terik matahari, dinginnya salju, hembusan air, sambaran petir dan lainnya yang bisa memperpendek usia kabel. Kondisi ekstrem ini bisa diatasi dengan penggunaan isolator plastik.

6. Kabel dibungkus plastik supaya lebih ringan

Dibandingkan dengan kain atau karet sebagai bahan pembungkus kabel, plastik memiliki massa yang lebih ringan. Misalnya kabel setrika yang dibungkus kain memiliki massa lebih berat dibandingkan kabel plastik.

7. Kabel dibungkus plastik awet

Isolator yang baik untuk kabel seperti plastik bisa melindungi dari sengatan arus listrik. Plastik juga melindungi perangkat dari hubungan arus pendek. Semakin baik kualitas plastik yang dipakai semakin baik pula kualitas kabelnya dan makin panjang pula usia pakainya.

8. Plastik jauh lebih ekonomis

Seperti yang kita tahu bahwa barang-barang dari plastik umumnya dijual dengan harga yang murah. Kabel dengan pelindung plastik lebih ekonomis dibandingkan kabel dengan pelindung karet, kain dan lainnya. Selain dari segi harga yang lebih murah, plastik juga lebih mudah di dapatkan saat ini.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar