Mengapa Judul Sangat Penting untuk Sebuah Teks

Setiap teks pasti mempunyai judul sebagai pengenalan topik mengenai isi yang dibahas di dalamnya kepada para pembaca. Judul teks memegang peranan penting karena fungsinya adalah menarik minat pembaca.

Apabila seseorang tidak tertarik dengan judulnya, maka bisa dipastikan ia tidak akan melanjutkan untuk membaca isinya. Ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya judul dalam sebuah teks, antara lain :

Alasan Mengapa Judul Sangat Penting untuk Sebuah Teks

1. Judul merupakan intisari tentang apa yang dibahas dalam teks

Melalui judul, setiap pembaca akan mengetahui tentang pembahasan di dalam sebuah teks. Arah isi teks akan bisa terbaca jelas oleh setiap pembaca, hanya dengan membaca judulnya saja. Oleh karena itu, judul bisa menggambarkan isi teks secara keseluruhan. Bisa disimpulkan, judul adalah intisari mengenai apa yang dibahas dalam sebuah teks.

2. Ketertarikan pembaca pada sebuah teks tergantung dari judul

Judul dapat dikatakan sebagai kepala karangan. Sehingga dengan adanya judul, setiap orang akan terbantu untuk bisa mendapatkan materi kuliah, sekolah, atau kepentingan lainnya. Judul berperan penting dalam menarik rasa ketertarikan para pembaca. Oleh sebab itu, penulisan judul harus dibuat semenarik mungkin.

3. Judul bersifat informatif

Semua teks baik berita, modul kuliah, buku pelajaran, majalah, dan berbagai jenis teks lainnya pasti mengandung unsur informatif. Dengan begitu, pembaca dapat menangkap suatu informasi terkait peristiwa maupun materi tertentu melalui judul yang diangkat oleh penulis. Informasi apapun akan tergeneralisasi pada judul dalam teks.

4. Judul mengandung makna tertentu

Khusus poin ini, pembaca pasti tidak asing dengan judul pada berbagai novel dimana judulnya hanya sepatah dua patah kata namun sebenarnya terkandung sebuah makna pada judul tersebut. Misalnya saja, novel berjudul ‘Layangan Putus’. Bisa disimpulkan bahwa judul novel memang mayoritas dibuat sesingkat mungkin, akan tetapi tidak melenceng dari isi di dalamnya.

5. Judul dapat memainkan emosi pembaca

Dalam dunia jurnalistik, judul sangat penting karena ia berperan sebagai gerbang utama sebuah teks yang bisa mempengaruhi emosi pembaca. Semakin pembaca larut dengan emosinya setelah membaca judul pada teks, maka pembaca pasti akan meneruskan untuk membacanya sampai selesai.

6. Merupakan trik penulis agar pembaca penasaran

Berkaitan dengan poin 4, judul juga bisa membuat penasaran pembacanya. Biasanya teks dengan judul seperti ini bisa ditemukan pada majalah gosip. Terkadang majalah gosip mengupas tuntas perihal selebritis yang sedang naik daun. Sehingga judulnya dibuat semenarik mungkin agar mampu membuat pembaca penasaran.

7. Judul mewakili perasaan penulis

Pada teks lirik lagu, banyak sekali penyanyi yang mengungkapkan isi hatinya melalui lirik tersebut. Meski hanya satu kata, namun pembaca pasti memahami apa yang sedang dirasakan penulis tersebut. Misalnya saja, judul lagu ‘kecewa’ sudah bisa mewakili seperti apa perasaan penulisnya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close